فعّالية تطبيق نموذج التعلّم التعاوني RTE"Rotating Trio Exchange" بوسيلة المسجل لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثالثة جونبانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chusni, Yeni Mawadatul (2020) فعّالية تطبيق نموذج التعلّم التعاوني RTE"Rotating Trio Exchange" بوسيلة المسجل لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثالثة جونبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azizah_E21216081.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam keterampilan mendengar termasuk rendah. Hal ini disebabkan mereka tidak memiliki rekaman penutur asli orang Arab, selain itu para pendidik masih menggunakan metode tradisional dan tanpa media pembelajaran yang baru sehingga peserta didik merasa bosan. Maka dari itu dibutuhkan guru bahasa Arab yang mampu menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan dan media pembelajaran yang variatif. Dan seyogyanya guru juga menyesuaikan model pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti ingin menerapkan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan media kaset untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan memudahkan pembelajaran bahasa Arab. Adapun tujuan pembahasan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan mendengar pada siswa kelas sepuluh di MAN 3 Jombang, untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan menggunakan media pembelajaran kaset untuk meningkatkan keterampilan mendengar pada siswa kelas sepuluh MAN 3 Jombang, dan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan media pembelajaran kaset pada siswa kelas sepuluh di MAN 3 Jombang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis pembahasan yang digunakan peneliti adalah t test. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah adanya efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan menggunakan media kaset untuk meningkatkan keterampilan mendengar pada siswa kelas sepuluh di MAN 3 Jombang. Adapun T hitung lebih kecil dengan nilai -2,652 dari T tabel -1,692 dan -2,445 yang mana data tersebut menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chusni, Yeni Mawadatulyenimc64@gmail.comD92216090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@gmail.com2007017001
Thesis advisorAzhari, Saefullahsaefullah652@gmail.com2014086502
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif RTE; Rotating Trio Exchange; Media Kaset; Keterampilan Mendengar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Yeni Mawadatul Chusni
Date Deposited: 19 Jul 2020 11:56
Last Modified: 20 Jul 2020 04:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41862

Actions (login required)

View Item View Item