This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Chusni, Yeni Mawadatul (2020) فعّالية تطبيق نموذج التعلّم التعاوني RTE"Rotating Trio Exchange" بوسيلة المسجل لترقية مهارة الاستماع لدى طلاب الفصل العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الثالثة جونبانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nur Azizah_E21216081.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan peserta didik dalam keterampilan mendengar termasuk rendah. Hal ini disebabkan mereka tidak memiliki rekaman penutur asli orang Arab, selain itu para pendidik masih menggunakan metode tradisional dan tanpa media pembelajaran yang baru sehingga peserta didik merasa bosan. Maka dari itu dibutuhkan guru bahasa Arab yang mampu menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan dan media pembelajaran yang variatif. Dan seyogyanya guru juga menyesuaikan model pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti ingin menerapkan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan media kaset untuk meningkatkan keterampilan mendengar dan memudahkan pembelajaran bahasa Arab. Adapun tujuan pembahasan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan mendengar pada siswa kelas sepuluh di MAN 3 Jombang, untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan menggunakan media pembelajaran kaset untuk meningkatkan keterampilan mendengar pada siswa kelas sepuluh MAN 3 Jombang, dan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan media pembelajaran kaset pada siswa kelas sepuluh di MAN 3 Jombang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Metode analisis pembahasan yang digunakan peneliti adalah t test. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah adanya efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif RTE (Rotating Trio Exchange) dengan menggunakan media kaset untuk meningkatkan keterampilan mendengar pada siswa kelas sepuluh di MAN 3 Jombang. Adapun T hitung lebih kecil dengan nilai -2,652 dari T tabel -1,692 dan -2,445 yang mana data tersebut menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan > Media Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif RTE; Rotating Trio Exchange; Media Kaset; Keterampilan Mendengar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Yeni Mawadatul Chusni | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2020 11:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2020 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41862 |
Actions (login required)
View Item |