This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alfanani, Irma (2020) تحليل تدخل قواعد اللغة الإندونيسية في كتابة الإنشاء لطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 موجوكرطا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Irma Alfanani_D92216065.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa asing tidak luput dari pengaruh bahasa pertama dalam pemerolehan bahasa kedua, begitu juga dalam pembelajaran bahasa Arab. Pengaruh bahasa pertama pada bahasa kedua yang berdampak negatif inilah yang disebut dengan interferensi bahasa. Adapun interferensi kaidah merupakan interfernsi yang sering terjadi dalam pengembangan keterampilan menulis, tidak terkecuali pada tulisan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mojokerto. Oleh karenanya, pada penelitian ini peneliti menganalisis bentuk-bentuk interferensi kaidah bahasa Indonesia dalam keterampilan menulis siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mojokerto serta faktor-faktor penyebabnya dan solusi untuk meminimalisirnya. Untuk menjawab permasalahan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII J yang terdiri dari 20 siswa. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penyimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya sejumlah interferensi kaidah bahasa Indonesia dalam tulisan Arab siswa kelas VIII J Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mojokerto. Peneliti menemukan 27 bentuk interferensi, yang terdiri dari 14 bentuk interferensi morfologi dan 13 bentuk interferensi sintaksis. Selain itu, peneliti juga menemukan beberapa faktor yang menyebabkan adanya interferensi serta solusi untuk meminimalisirnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||||||||
Keywords: | Interferensi Kaidah; Menulis Karangan. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Irma Alfanani | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2020 06:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2020 08:26 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41866 |
Actions (login required)
View Item |