This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Andrianto, Muhammad Yusuf (2020) Sistem pengelompokan kelas peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Yusuf Andrianto_D03215021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Sidoarjo merupakan lembaga pendidikan yang menerapkan pengelompokan kelas peserta didik yang berbeda dengan lembaga-lembaga pendidikan pada umumnya. Pengelompokan kelas peserta didik yang diterapkan MTsN 2 Sidoarjo yaitu pengelompokan berdasarkan gender, meskipun lembaga ini bukan berada di lingkungan pondok pesantren yang pada umumya menerapkan pengelompokan berdasarkan gender, MTsN 2 Sidoarjo berani membuat pengelompokan kelas peserta didik tersebut. Dari latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dalam penulisan skripsi dengan judul: “Sistem Pengelompokan Kelas Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sidoarjo”. Permasalahan yang peneliti kaji di dalam penelitian ini yaitu tentang: Bagaimana sistem pengelompokan kelas peserta didik di MTsN 2 Sidoarjo, dan hambatan-hambatan dalam pengelompokan kelas peserta didik di MTsN2 Sidoarjo.Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskriptif yang bersifat deskriptif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang diinginkan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas sehingga datanya sudah jenuh yang didalamnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan verification atau penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk mengetahui keabsahan data pada penelitian ini maka peneliti menggunakan metode trianggulasi. Dari hasil penelitian ini adalah peneliti menemukan bahwa: Pengelompokan kelas peserta didik di MTsN2 Sidoarjo dibagi menjadi 4 (empat) yaitu pengelompokan kelas berdasarkan gender, pengelompokan kelas berdasarkan prestasi, pengelompokan kelas berdasarkan acak, dan pengelompokan kelas berdasarkan kemampuan hafalan al-qur’an. Sedangkan hambatan-hambatan pengelolaan pengelompokan kelas peserta didik di MTsN2 Sidoarjo yaitu terletak di peserta didik sendiri, namun secara umum tidak ada hambatan yang besar dalam mengelola pengelompokan peserta didik
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||||||||
Keywords: | Pengelompokan kelas; peserta didik; Madrasah Tsanawiyah Negeri | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusuf Andrianto | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2020 08:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2020 08:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41914 |
Actions (login required)
View Item |