Pengaruh iklim kelas dan school well-being terhadap stres akademik pada siswa Madrasah Aliyah Negeri program SKS dan program reguler

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferdiyanto, Fahmy (2020) Pengaruh iklim kelas dan school well-being terhadap stres akademik pada siswa Madrasah Aliyah Negeri program SKS dan program reguler. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmy Ferdiyanto_J71216057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kelas dan school well-being terhadap stres akademik pada siswa Madrasah Aliyah Negeri program SKS dan program reguler. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasi dan komparatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik program SKS dan program reguler kelas XII. Subjek dalam penelitian ini adalah 105 siswa yang terdiri dari siswa program SKS dan program reguler dari 2 sekolah yakni MAN Surabaya dan MAN Bangkalan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yakni total sampling dan simple random sampling. Teknik analisa data dalam penelitian ini dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 16.0. Berdasarkan analisis data penelitian, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1) iklim kelas berpengaruh terhadap stres akademik dengan signifikansi sebesar (0.003 < 0,05) dan nilai korelasi sebesar 0.265 (2) school well-being berpengaruh terhadap stres akademik dengan signifikansi (0.250 > 0,05) dan nilai korelasi sebesar -0.067 (3) variabel stres akademik dipengaruhi oleh variabel iklim kelas dan school well being sebesar 13,2% (4) tidak terdapat perbedaan tingkat kecenderungan stres akademik antara siswa Program SKS dan Program Reguler dengan nilai signifikansi (0.719 > 0.05) (5) tidak terdapat perbedaan tingkat kecenderungan iklim kelas antara siswa Program SKS dan Program Reguler dengan nilai signifikansi (0.166 > 0.05) (6) tidak terdapat perbedaan tingkat kecenderungan school well being antara siswa Program SKS dan Program Reguler dengan nilai signifikansi (0.280 > 0.05).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferdiyanto, Fahmyfahmy051998@gmail.comJ71216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid1975@gmail.com2005027501
Subjects: Pendidikan
Psikologi
Keywords: Iklim Kelas; School Well-Being; Stres Akademik.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Fahmy Ferdiyanto
Date Deposited: 26 Jul 2020 09:35
Last Modified: 26 Jul 2020 09:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41944

Actions (login required)

View Item View Item