This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nasucha, Juli Amaliya (2014) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 : ANALISIS BUKU SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (757kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Buku siswa sebagai sumber belajar wajib pada implementasi kurikulum 2013 ini menjadi penting, karena pada dasarnya buku siswa mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan yang berkaitan dengan kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang diajarkan. Oleh karena itu buku siswa yang diterbitkan oleh pemerintah perlu dianalisis terlebih dahulu. Dengan rumusan masalah:1) Bagaimana muatan pendidikan karakter yang terdapat dalam buku siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar dalam kurikulum 2013?, 2) Bagaimana kesesuaian pendidikan karakter yang tertuang dalam buku siswa dengan KI dan KD mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar? dapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis muatan pendidikan karakter dan kesesuaian pendidikan karakter yang tertuang dalam buku siswa dengan KI dan KD yang terdapat dalam buku siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library research) dengan mengumpulkan sumber data primer dan sekunder, pengumpulan datanya dengan cara Reading, Writing, Cheking dan Editing. Kemudian analisis datanya dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan pendidikan karakter yang tercantum pada buku pendidikan Agama Islam kelas I ada 20 nilai karakter di antaranya: rasa ingin tahu, peduli sosial, sopan santun, kemandirian, berakhlak mulia, peduli lingkungan, bersyukur, tanggung jawab, demokratis, religius, gemar membaca, komunikatif, sabar, jujur, percaya diri, menghargai kesehatan, disiplin, kerja keras, beriman, kerja sama. Sedangkan pada buku siswa kelas IV terdapat 22 nilai karakter, 20 karakter sama pada karakter kelas I ditambah dengan sikap cinta tanah air dan amanah. Untuk Kesesuaian pendidikan karakter dalam buku siswa dengan KI dan KD secara keseluruhan sudah sesuai dan lebih disempurnakan lagi dengan tambahan dari pengembangan karakter pada proses/kegiatan pembelajaran
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Hanun Asrohah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Kurikulum Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi |
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kurikulum 2013; Budi Pekerti | ||||||
Divisions: | Program Magister > Dirasah Islamiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2016 08:46 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2016 08:46 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4215 |
Actions (login required)
View Item |