This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fatmawati, Siti (2020) Peningkatan hasil belajar tema 5 subtema 3 sikap kepahlawanan pembelajaran 3 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV-A SDIT Yaa Bunayya Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Siti Fatmawati_D97216126.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV-A pada pembelajaran tematik tema 5 subtema 3 Sikap Kepahlawanan Pembelajaran 3 di SDIT Yaa Bunayya Gresik. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran kurang bervariatif, sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran. Selain itu, diskusi kelompok biasanya dilakukan secara heterogen, untuk memberikan variasi baru diskusi kelompok berdasarkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latarbelakang tersebut, peneliti melakukan perbaikan pada pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 sikap kepahlawanan pada siswa kelas IV-A SDIT Yaa Bunayya Gresik, 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV-A SDIT Yaa Bunayya Gresik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang model Kurt Lewin. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas IV-A SDIT Yaa Bunayya Gresik yang berjumlah 29 siswa dengan rincian 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) tema 5 subtema 3 sikap kepahlawanan pada siswa kelas IV-A SDIT Yaa Bunayya Gresik dikatakan berhasil dan dikategorikan baik. Kategori tersebut dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan nilai 78,57 (baik) dan meningkat menjadi 92,86 (sangat baik) pada siklus II. Observasi aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan nilai 78 (baik) mengalami peningkatan menjadi 89 (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dibuktikan dari persentasi ketuntasan hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar pada pra siklus sebesar 55,17% (kurang), siklus I mengalami peningkatan menjadi 65,5% (cukup). Siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 93,1% (sangat baik).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Tematik. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Siti Fatmawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2020 11:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2020 11:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42249 |
Actions (login required)
View Item |