This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Al Farizi, Muhammad Novan (2020) Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui media pembelajaran Power Point pada materi keberagaman budaya bangsa di wilayah Indonesia pada Kelas VB MI Darul Ulum Tambakrejo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Novan Al-Farizi_D97216064.pdf Download (806kB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti karena rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VB MI Darul Ulum Tambakrejo pada materi keberagaman budaya bangsa di wilayah Indonesia mata pelajaran IPS. Dari data pra siklus terdapat 12 peserta didik yang niainya di atas KKM. Sedangkan 23 peserta didik nilainya masih di bawah KKM. Dengan presentase ketuntasan 34.3% dengan rata-rata 69. Penelitian tindakan kelas ini memiliki beberapa tujuan yaitu : 1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis IT power point pada materi keberagaman budaya bangsa di wilayah Indonesia. 2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik pada materi keberagaman budaya bangsa di wilayah Indonesia melalui penggunaan media pembelajaran berbasis IT power point. 3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman budaya bangsa di wilayah Indonesia melalui penggunaan media pembelajaran berbasis IT power point. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model penelitian dari Kurt Lewin yang memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VB MI Darul Ulum Tambakrejo dengan jumlah total peserta didik sebanyak 35. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan angket motivasi belajar, tes tulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan media pembelajaran berbasis IT power point sudah cukup baik dapat dibuktikan dengan nila observasi guru pada tahap siklus I sebesar 82,4% menjadi 91,2% pada siklus II. Begitupun dengan aktifitas peserta didik pada tahap siklus I sebesar 80% menjadi 90% pada siklus II. 2) Peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah diterapkannya media pembelajaran berbasis IT power point dapat dibuktikan pada tahap pra siklus motivasi belajar peserta didik sebesar 37% menjadi 60% pada tahap siklus I dan menjadi 83% pada tahap siklus II. 3) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya media pembelajaran berbasis IT power point dapat dibuktikan pada tahap pra siklus motivasi belajar peserta didik sebesar 34,30% menjadi 56,70% pada tahap siklus I menjadi 85,70% pada tahap siklus II.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan > Hasil Belajar Teknologi > Teknologi Informasi |
||||||||||||
Keywords: | Motivasi; Hasil Belajar; Media Pembelajaran Berbasis Power Point; IPS. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Novan Al-Farizi | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2020 04:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2020 03:55 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42389 |
Actions (login required)
View Item |