This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Diniyah, Nanda Nur (2020) Implementasi kegiatan Zero Mind di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nanda Nur Diniyah_D98216074.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan zero mind. Kegiatan tersebut termasuk dalam SOP kegiatan pagi yang ada di TK Islam Terpadu Al Ibrah Gresik. Penelitian ini membahas tentang urgensi dari kegiatan zero mind dan penerapannya di TK IT Al Ibrah tersebut. Selain itu, juga dipaparkan dampak dari kegiatan zero mind tersebut terhadap perkembangan siswanya. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiaran zero mind sangat berpengaruh pagi perkembangan siswa. Kegiatan tersebut juga sangat sesuai dengan cara belajar dan bermain siswa sehingga siswa melakukan kegiatan tanpa adanya keterpaksaan. Hal tersebut sangat diperlukan oleh siswa karena kegiatan zero mind adalah kegiatan belum terstruktur sebelum masuk di kegiatan sentra. Selain itu, kegiatan tersebut juga sangat efektif karena sudah mencakup lima kegiatan dalam waktu yang singkat. Dalam penerapannya sangat detail dan sesuai dengan perencanaan yang ada dalam buku panduan Standar Operasional Prosedur sekolah tersebut. Kegiatan tersebut mencakup lima sub kegiatan yaitu jurnal pagi, mengaji, fonk, olah tubuh dan praktek shalat. Para guru penanggung jawab kegiatan juga rutin dalam dan rinci dalam penilaiannya sehingga laporan kepada orang tua siswa lengkap. Kegiatan zero mind memberi dampak yang signifikan bagi perkembangan siswa. Terbukti dari 6 aspek perkembangan anak yaitu aspek kognitif, fisik motorik, bahasa, moral agama, sosial emosional dan seni yang di implementasikan dalam egiatan zero mind tersebut sebagian besar terlihat perkembangannya. Meskipun tidak menonjol tetapi ketika kegiatan tersebut dijadikan pembiasaan (SOP Kegiatan pagi) maka akan berdampak besar pada perkembangan siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi; Kegiatan Zero Mind | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Nanda Nur Diniyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2020 17:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2020 17:13 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42517 |
Actions (login required)
View Item |