This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Vian Andri Bimantari (2020) Implementasi program market day dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Vian Andri Bimantari Putri_D93216097.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang program market day dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa yang dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat yang dirasakan oleh koordinator dan peserta didik dalam implementasi program market day di sekolah. penelitian ini menggunakan metode dari penelitian kualitatif deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara mendalam dengan subyek yang telah ditetapkan sebagai informan dalam penelitian ini. Wawancara utama dilakukan kepada kepala sekolah dan mentor, kemudian untuk data pendukung peneliti melakukan wawancara kepada siswa selaku sasaran utama program market day. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa (1) Program market day di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo adalah program pendidikan ketrampilan kewirausahaan yang berpola pada kegiatan jual beli yang dilaksanakan di sekolah dengan sasaran utama yaitu peserta didik yang memiliki tujuan tidak lain yakni menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada diri mereka sendiri. . (2) Kondisi jiwa kewirausahaan yang dimiliki para peserta didik Kondisi Jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh siswa di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo ini terlihat sudah sangat bagus dan baik. Jiwa kewirausahaan yang tumbuh dalam diri peserta didik di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo diantaranya adalah seperti kedisiplinan, kemandirian, bertanggungjawab, komunikatif, kreatif, inovatif, berani mengambil resiko, kepemimpinan. (3) Dalam implementasinya, market day di MTs Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo berbentuk seperti kegiatan jual beli atau bazzar yang dilaksanakan di halaman sekolah dan tidak dapat dipungkiri bahwasannya program ini akan melibatkan seluruh komponen sekolah baik siswa (produksi dan distribusi), guru (konsumen), staff sekolah (konsumen) dan adanya juga pihak dari luar yang ikut mendukung kegiatan ini seperti wali murid yang sedang berkunjung ke sekolah yang bertindak sebagai konsumen.. (4) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program market day adalah adanya faktor eksternal dan internal yang juga dirasakan baik peserta didik maupun kepala sekolah dan mentor.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Wirausaha Manajemen dan organisasi sekolah |
||||||||||||
Keywords: | Program market day; Kewirausahaan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Vian Andri Bimantari | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Aug 2020 02:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Aug 2020 02:47 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42572 |
Actions (login required)
View Item |