Kebijakan pengembangan program studi di UIN Sunan Ampel Surabaya setelah alih status dari IAIN menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasiruddin, Nasiruddin (2015) Kebijakan pengembangan program studi di UIN Sunan Ampel Surabaya setelah alih status dari IAIN menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Alih status IAIN menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai salah satu indikator pengembangan program studi dari masing-masing fakultas di lingkup UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini difokuskan pada permsalahan: (1) Apa saja landasan-landasan dalam pengembangan program studi di UIN Sunan Ampel Surabaya? (2) Bagaimana arah kebijakan pengembangan program studi di UIN Sunan Ampel Surabaya;
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, karena penelitian ini berusaha memahami fenomena landasan pengembangan program studi serta arah kebijakan pengembangan program studi. Data bersumber dari dokumentasi dan informan yang ditetapkan secara purposive. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul diorganisasi, ditafsir, dan dianalisis secara berulang-ulang. Selanjutnya dilakukan analisis guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian, kredibilitas data di cek dengan prosedur triangulasi, diskusi teman sejawat. Penelitian ini menghasilkan temuan dalam pengembangan program studi ; Pertama, memiliki beberapa landasan pertimbangannya adalah memantapkan potensi fitrah peserta didik dari sisi badani, rohani serta akal dan sprtiual (filosofis) sehingga pada tahapan endingnya output UINSA mampu mengemban amanat sebagai khalifah di muka bumi. kemudian merespon ekpektasi masyarakat terhadap pengembangan program studi umum yang berbasis islami (sosial) yang mampu mengakomodir sikap proporsional peserta didik sebagai individu dan masyarakat. serta mensinergikan dengan nomenklatur kemenag maupun kemendikbud. Kedua, arah kebijakan pengembangan program studi di UINSA lebih diarahkan pada pengembangan program studi yang bersifat ke-umum-an. Hal ini dibuktikan dari kecenderungan para civitas akademis di tingkat fakultas untuk mengembangkan struktur keilmuan pada program-program studi umum atau kealaman, dengan harapan mampu membangun kembali (Rebuild) kejayaan Islam dari Indonesia timur serta mensinergikan dengan Rencana Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang (RPPNJP).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasiruddin, Nasiruddin--F13213160
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Administrasi
Keywords: Alih Status; IAIN; UIN; Pengembangan Program Studi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2016 08:28
Last Modified: 03 Sep 2020 06:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item