This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Santoso, Santoso (1999) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN ISLAM : STUDI KASUS DI DESA JUMPUTREJO KECAMATAN SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (947kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (14MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Di Pedesaan, Pendidlkan Islam adalah pendidikan Qiyas, karena persepsi masyarakat pedesaan yang masih kental dengan adat dan kebudayaan bahwa pendidikan Islam adalah Ngaji, wiridan dan pengajian umum atau metode pondok pesantren yang diterapkan di desa-desa. Berdasar pada pandangan yang demikian, maka kecenderungan pendidikan Islam dalam pandangan masyarakat pedesaan adalah berorientasikan pada penuturan manusia dan memberi pengharapan masuk atau tidaknya manusia ke surga di akhir hari nanti dan bukan pada pencapaian kehidupan yang mapan kaya dan berlimpah harta. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat pedesaan terhadap pendidikan Islam dan bagaimana aktualisasinya serta apa saja hambatan yang menghalangi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat pedesaan terhadap pendidikan Islam, mengetahui bagaimana aktualisasinya serta mengetahui hambatan yang dapat menghalangi.
Bentuk dan jenis Penelitian ini adalah menggunakan library research (riset kepustakaan) dan field research (riset lapangan). Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif, bentuk dan modelnya menggunakan metode deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, masyarakat pedesaan dalam memandang Pendidikan Islam sangat realistik aplikatif. Kedua, masyarakat memandang Pendidikan lslam seperti itu disebabkan oleh : realitas pola empirik penerimaan mereka terhadap pendidikan Islam serta kondisi riil yang ada, pola piker pragmatis dan pengidentikan Islam dengan akhlakul karimah, minim dan rendahnya pemahaman terhadap Islam. Ketiga, aktualisasi pendidikan Islam terhadap lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Keempat, menghindari hambatan-hambatan yang menghalangi tercapainya aktualisasi Pendidikan Islam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Imam Bawani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Persepsi Masyarakat; Masyarakat Pedesaan; Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2016 02:27 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2016 02:27 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4303 |
Actions (login required)
View Item |