This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sho'idah, Maziyatus (2020) Peningkatan pemahaman materi peristiwa menjelang dan Sesudah pembacaan teks proklamasi melalui metode Role Paying pada siswa Kelas V-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Maziyatus Sho'idah_D97216061.pdf Download (2MB) |
Abstract
Minimnya Pemahaman yang didapatkan siswa serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Hal tersebut dilihat dari hasil nilai ulangan pada pembelajaran Tematik materi IPS masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. Dikarenakan pada saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode role playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode role playing dalam meningkatkan pemahaman materi Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi pada siswa kelas V-B di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan? 2) Bagaimana Peningkatan Pemahaman siswa setelah penerapan metode role playing materi Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi pada siswa kelas V-B di MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan? Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap disetiap siklusnya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Islamiyah Sumberwudi Lamongan pada siswa kelas V-B yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 54.42 (kurang) pada siklus I menjadi 93,05 (Sangat Baik) pada siklus II. Perolehan aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari 55,88 (Kurang) menjadi 88,88 (Baik) pada siklus II. 2) Peningkatan pemahaman siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,05 (Cukup) meningkat menjadi 78,76 (cukup) pada siklus II. persentase ketuntasan belajar pada siklus I meningkat dari 58,82% (Kurang) menjadi 88,23% (Baik) pada siklus II. berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, tindakan perbaikan dengan metode role playing
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Peningkatan Pemahaman; Materi Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi; Metode Pembelajaran Role Playing. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Maziyatus Sho'idah | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Aug 2020 04:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Aug 2020 04:50 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/43084 |
Actions (login required)
View Item |