This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
mushlihan, mushlihan (1999) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AHMAD SYAFI’I MAA’RIF. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam hal pendidikan Islam, Syafi'i Ma'arif berpendapat bahwa, esensi pendidikan Islam merupakan sebuah pertumbuhan pemikiran Islam yang memadai, orisinil sejati. Pendidikan IsIam hendaklah dikembangkan dalam bangunan paradigma yang kokoh secara spiritual, unggul secara intelektual dan anggun secara moral dengan AI-Qur'an sebagai acuan yang pertama dan utama. Dengan paradigma model inilah diharapkan peradaban yang akan datang tidak berubah menjadi kebiadaban yang liar dan brutal. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan Islam dalam perspektif Islam dan bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Prof. Dr. H.A. Syafi'i Ma'arif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam dalam perspektif Islam dan bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Prof. Dr. H.A. Syafi'i Ma'arif.
Jenis Penelitian dari penelitian ini adalah Library Research dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penyajian datanya menggunakan metode interpretasi, metode kesinambungan historis, metode diskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :
1. Konsep Pendidikan Islam
- Hakikatnya adalah membimbing dan mengarahkan manusia agar bermanfaat bagi dirinya juga orang lain
- Tujuannya adalah pembentukan pribadi muslim yang sempurna sebagai khalifah Allah
- Tugasnya adalah pengembangan potensi dan pewarisan budaya
- Kurikulumnya mengandung nilai kesatuan dasar bagi persamaan nilai-nilai Islam
2. Konsep Pendidikan Islam Ahnad Syafi'i Ma'arif
- Hakikatnya adalah mengantarkan manusia untuk menjadi seorang muslim yang kuat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya di segala aspek
- Tujuannya adalah membentuk manusia yang unggul secara intelektual, kaya dalam amal serta anggun dalam moral yang dalam Al-Qur'an diistilahkan "UluI Albab”.
- Tugasnya adalah memberdayakan dan penbebasan umat.
- Kurikulumnya adalah kurikulum yang memegang prinsip keseimbangan dalam peradaban Islam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abdul Hamid | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||
Keywords: | Konsep Pendidikan Islam; Ahmad Syafi’i Ma’arif | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2016 02:34 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2016 02:34 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4350 |
Actions (login required)
View Item |