KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AHMAD SYAFI’I MAA’RIF

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

mushlihan, mushlihan (1999) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AHMAD SYAFI’I MAA’RIF. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam hal pendidikan Islam, Syafi'i Ma'arif berpendapat bahwa, esensi pendidikan Islam merupakan sebuah pertumbuhan pemikiran Islam yang memadai, orisinil sejati. Pendidikan IsIam hendaklah dikembangkan dalam bangunan paradigma yang kokoh secara spiritual, unggul secara intelektual dan anggun secara moral dengan AI-Qur'an sebagai acuan yang pertama dan utama. Dengan paradigma model inilah diharapkan peradaban yang akan datang tidak berubah menjadi kebiadaban yang liar dan brutal. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan Islam dalam perspektif Islam dan bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Prof. Dr. H.A. Syafi'i Ma'arif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam dalam perspektif Islam dan bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Prof. Dr. H.A. Syafi'i Ma'arif.
Jenis Penelitian dari penelitian ini adalah Library Research dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penyajian datanya menggunakan metode interpretasi, metode kesinambungan historis, metode diskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :
1. Konsep Pendidikan Islam
- Hakikatnya adalah membimbing dan mengarahkan manusia agar bermanfaat bagi dirinya juga orang lain
- Tujuannya adalah pembentukan pribadi muslim yang sempurna sebagai khalifah Allah
- Tugasnya adalah pengembangan potensi dan pewarisan budaya
- Kurikulumnya mengandung nilai kesatuan dasar bagi persamaan nilai-nilai Islam
2. Konsep Pendidikan Islam Ahnad Syafi'i Ma'arif
- Hakikatnya adalah mengantarkan manusia untuk menjadi seorang muslim yang kuat sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya di segala aspek
- Tujuannya adalah membentuk manusia yang unggul secara intelektual, kaya dalam amal serta anggun dalam moral yang dalam Al-Qur'an diistilahkan "UluI Albab”.
- Tugasnya adalah memberdayakan dan penbebasan umat.
- Kurikulumnya adalah kurikulum yang memegang prinsip keseimbangan dalam peradaban Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Hamid
Creators:
CreatorsEmailNIM
mushlihan, mushlihanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Konsep Pendidikan Islam; Ahmad Syafi’i Ma’arif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Feb 2016 02:34
Last Modified: 02 Feb 2016 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item