This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Syakur, Abd. (1999) PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP BELAJAR MANDIRI SISWA : DI SLTP ALMAS’UDIYAH PRAMIAN TAMAN SRESEH SAMPANG MADURA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (996kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (463kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pendidikan akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan, adapun komponen-komponen tersebut meliputi tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, alat pendidikan dan alam sekitar. Dari kelima komponen itu, gurulah yang memegang peranan penting dan punya tanggung jawab dalam mentrasformasikan nilai ilmu pengetahuan kepada anak didik. Pada dasarnya pendidik pertama dan yang utama adalah orang tua sendirl yang bertanggung jawab atas kemajuan perkembangan anaknya. Anak didik yang mandiri adalah mereka yang mampu berbuat, berusaha atau memecahkan persoalan sendiri tanpa selalu menggantungkan diri kepada orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana teknik-teknik peranan guru dalam mengembangkan sikap belajar mandiri siswa di SLTP Almas’udiyah dan faktor-faktor apa yang mendorong dan yang menghambat peranan guru dalam mengembangkan sikap belajar mandiri siswa di SLTP Almas’udiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik-teknik peranan guru dalam mengembangkan sikap belajar mandiri siswa di SLTP Almas’udiyah dan mengetahui faktor-faktor apa yang mendorong dan yang menghambat peranan guru dalam mengembangkan sikap belajar mandiri siswa di SLTP Almas’udiyah.
Jenis penelitian dalam penelitan ini adalah Penelitian Deskritif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan metode interview dan metode dokumentasi. Teknik analisa datanya menggunakan telaah seluruh data, membuat abstraksi, mengidentifikasi dengan memberikan kode-kode, penyusunan kategori, pemeriksaan keabsahan, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, dalam mengembangkan sikap belajar mandiri siswa guru berperan sebagai educator, sebagai manager, sebagai model, sebagai mediator, sebagai pengarah atau director serta sebagai pengelola kelas. Kedua, Faktor-faktor pendorong dan penghambat peranan guru dalam mengembangkan sikap belajar mandiri siswa di SLTP Almas’udiyah
a. Faktor pendorong, diantaranya panggilan hati nurani untuk melaksanakan tugas sebagai guru, adanya kebutuhan-kebutuhan untuk berbuat sesuatu, mengatasi kesulita dan sebagainya.
b. Faktor penghambat diantaranya adalah kurang memadainya sarana dan prasarana pengajaran,memberikan dan menilai pekerjaan siswa,memotivasl slswa, dan sebagainya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Djawahir Syamsuri | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Guru; Sikap Mandiri; Siswa SLTP | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Arsip Tarbiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2016 02:40 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2016 02:40 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4359 |
Actions (login required)
View Item |