This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aslam, Zulfiqar Hafizh (2014) CARDING SEBAGAI BENTUK BUDAYA KONSUMERISME MODERN : STUDI KASUS KOMUNITAS SKATEBOARD SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (959kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Modernisasi dan globalisasi telah menjadi perubahan sosial perilaku konsumen yang memberikan kemudahan dengan penyedia internet membuat para pencuri melakukan aksi Carding (pencurian dan penipuan melalui internet) dengan memanfaatkan kesadaran masyarakat dalam pengguna kartu kredit yang masih kurang mengerti akan dampak negatif dari internet.
Fokus penelitian yang digunakan oleh peneliti sebagai kajian dalam skripsi ini adalah 1.) Bagaimanakah konsumerisme bisa memunculkan tindakan carding di kalangan komunitas skateboard Surabaya ? 2.) Bagaimanakah motif pelaku carding (carder) di kalangan komunitas skateboard Surabaya ?
Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, agar memperoleh data penelitian yang bersifat mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data juga diperoleh ialah berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari penelitian lapangan. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui data hasil dokumentasi maupun lainnya. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunaka teori One Dimensional Man yang diperkenalkan oleh Herbert Marcuse yang mana memfokuskan bahwa masyarakat modern adalah masyarakat yang sakit, sebuah masyarakat yang hanya berpikir dan bertindak dalam satu dimensi, yaitu satu masyarakat yang seluruh aspek kehidupannya diarahkan pada satu tujuan belaka.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Carding sebagai bentuk budaya konsumerisme modern (Studi Kasus Komunitas Skateboard Surabaya), dengan menjawab dari rumusan masalah ialah : Budaya konsumerisme yang mendorong kehidupan msyarakat yang ditunjukan pada pemenuhan keinginan dan buakan kebutuhan pokok menuntun masyarakat untuk bergaya hidup mewah. Skateboarder Surabaya merupakan pribadi yang over konsumtif dan mengakibatkan penyalahgunaan teknologi internet untuk melakukan perilkau carding yang dilakukan dengan cara mencuri barang di online shop menggunakan kartu kredit orang lain yang didapat dari membobol beberapa website online shop.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Husnul Muttaqin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Sosiologi | ||||||
Keywords: | Carding; Konsumerisme; Komunitas Skateboard | ||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2015 04:02 | ||||||
Last Modified: | 09 Feb 2015 04:02 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/437 |
Actions (login required)
View Item |