This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lailiyah, Fasilatul (2015) PENGARUH FAKTOR KEBUTUHAN, KELOMPOK REFERENSI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KJKS BMT MANDIRI SEJAHTERA CABANG DUKUN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (728kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan alat analisis yaitu analisis regresi linier berganda dengan uji F dan t. Sedangkan untuk pengujian instrument menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian diketahui bahwa baik secara simultan maupun parsial variabel faktor kebutuhan, kelompok referensi, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan mura>bah}ah di KJKS BMT Mandiri Sejahtera Cabang Dukun Gresik. Hal ini terlihat dari nilai fhitung dan thitung yang lebih besar daripada nilai ftabel dan ttabel. Secara simultan, variabel faktor kebutuhan, kelompok referensi, dan promosi mempunyai nilai Fhitung sebesar 7,861 > Ftabel sebesar 2,723 dan memiliki nilai signifikansi < 0,05 yang berarti signifikan. Secara parsial, variabel kebutuhan memiliki nilai thitung sebesar 2,422 > ttabel 1,991, variabel kelompok referensi memiliki nilai thitung 3,023 > ttabel 1,991, variabel promosi memiliki nilai thitung sebesar 2,610 > ttabel 1,991 dan masing-masing memiliki nilai signifikansi < 0,05 yang berarti mempunyai pengaruh yang signifikan.
Sedangkan variabel yang dominan pada penelitian ini adalah kelompok referensi, hal ini terlihat dari nilai thitung yang mempunyai nilai yang paling tinggi daripada nilai thitung variabel yang lainnya. Adapun nilai R2 sebesar 0,234 atau 23,4% yang artinya bahwa sebesar 23,4% variabel Kebutuhan (X1), Kelompok Referensi (X2), dan Promosi (X3) memiliki kontribusi terhadap keputusan pembiayaan mura>bah}ah di BMT Mandiri Sejahtaera Cabang Dukun Gresik (Y). Sedangkan sisanya sebesar 78,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.
Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka kepada KJKS BMT Mandiri Sejahtera Cabang Dukun disarankan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat/anggota tentang sistem ekonomi Islam sehingga diharapkan lebih banyak masyarakat/anggota menggunakan produk BMT, khususnya pembiayaan mura>bah}ah yang nantinya dari masyarakat yang sudah menggunakan pembiayaan mura>bah}ah akan menjadi kelompok acuan (referensi) bagi masyarakat yang lainnya dan bagi peneliti selanjutnya agar nantinya meneliti variabel lain diluar variabel keputusan konsumen yang telah diteliti.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nurlailah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bank dan Perbankan Islam Ekonomi Islam Muamalat Muamalah |
||||||
Keywords: | kebutuhan; kelompok referensi; promosi; keputusan pembiayaan murabahah. | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2016 03:53 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2016 03:53 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4372 |
Actions (login required)
View Item |