UANG, PERILAKU EKONOMI DAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA PEDAGANG SAYUR PASAR TRADISIONAL NIAGA MOJOSARI DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI EKONOMI DI KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyaningsih, Ika (2014) UANG, PERILAKU EKONOMI DAN PERILAKU KEAGAMAAN PADA PEDAGANG SAYUR PASAR TRADISIONAL NIAGA MOJOSARI DALAM TINJAUAN SOSIOLOGI EKONOMI DI KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan di dunia ini banyak sekali cara- cara manusia untuk mendapatkan uang atau lazimnya disebut bekerja demi kelangsungan hidupnya. Bahkan banyak yang terjadi pada masyarakat yang menggunakan segala cara yang negatif maupun positif atau yang merugikan pihak lain ataupun cara-cara yang aneh agar bisa memperoleh banyak uang.
Ada tiga rumusan masalah yang hendak dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1)Bagaimana bentuk perilaku ekonomi serta perilaku keagamaan pada pedagang sayur di Pasar Tradisional Niaga kec Mojosari, kab Mojokerto?(2)Apa saja faktor yang menjadikan uang dapat mempengaruhi perilaku ekonomi dan perilaku keagamaan pada pedagang sayur di Pasar Tradisional Niaga kec Mojosari, kab Mojokerto?
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai pengaruh materi terhadap perubahan perilaku sosial keagamaan. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dan dianalisis dengan teori tindakan sosial Max Weber.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) perubahan perilaku sosial keagamaan pada pedagang sayur yang terjadi adalah pengurangan timbangan, menyisipkan sayur yang tidak bagus dan menggunakan unsur magic. (2) dizaman yang serba sulit ini semua orang akan menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan uang, termasuk dengan cara-cara yang dilarang oleh agama atau tidak sesuai dengan yang ada dalam Al-Qur’an. faktor yang paling dominan ada 2: yaitu faktor lingkungan dan faktor pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muchammad Ismail
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyaningsih, IkaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Uang; Perilaku Ekonomi; Perilaku Keagamaan; Tinjauan Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 04:10
Last Modified: 09 Feb 2015 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item