This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maliyeh, Maliyeh (2015) POBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) INTERAKTIF : STUDI DI KELAS 1 DAN 5 SEKOLAH DASAR AL FALAH SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkasan.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (548kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Sekolah Dasar Al Falah merupakan sebuah Sekolah Islam favorit yang terletak di tengah-tengah kota, sebagai sarana untuk mengangkat derajat, harkat, dan martabat sehingga terbebas dari jeratan kebodohan dan kemiskin.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkap (to describe and explore) proses pembelajaran PAI interaktif di kelas 1 dan 5 Sekolah Dasar Al Falah Surabaya, dan juga bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan (to describe and explain) pada problematika serta solusi dalam pembelajaran PAI interaktif di kelas 1 dan 5 Sekolah Dasar Al Falah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif - field research (penelitian lapangan), dengan rancangan pendekatan deskriptif eksploratif, dimana peneliti dapat menggambarkan atau menguraikan data-data yang diperoleh dengan apa adanya berdasarkan atas kualitas data yang diperoleh. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai dengan fokus penelitian. Untuk melihat keabsahan data digunakan teknik Uji Kredibilitas (Validityas Interbal), yang meliputi: Pemeriksaan melalui diskusi dengan teman sejawat. Perpanjangan Pengamatan dan Bahan Referensi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) interaktif di kelas 1 dan 5 Sekolah Dasar Al Falah Surabaya sebagai berikut: (1) beberapa tahapan, mulai dari persiapan sampai pada proses pembelajaran yang terjadi secara interaktif; (2) Proses pembelajaran interaktif di SD Al falah Surabaya berjalan dengan baik. Kondisi pembelajaran terlihat kondusif, inovatif, aktif dan kreatif. (3) terjadi interaksi antara guru dan siswa.
Problematika pembelajaran PAI interaktif di Kelas 1 dan 5 Sekolah Dasar Al Falah Surabaya adalah terdiri dari Faktor Intern seperti : Sikap dan motivasi belajar sehingga suasana di kelas menjadi lebih ramai. Konsentrasi belajar karena kondisi siswa yang sedang sakit dan teman yang ngajak ngobrol. Kemampuan mengolah bahan ajar karena kesulitan dalam menentukan media dan kesulitan dalam menjelaskan pelajaran yang sifatnya aqidah akhlak. Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh Faktor Ekstern seperti : Guru sebagai pembina siswa dalam belajar.
Solusi untuk mengatasi pembelajaran PAI interaktif di Kelas 1 dan 5 Sekolah Dasar Al Falah Surabaya tidak hanya dilakukan oleh guru PAI sendiri, tapi juga dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pihak Lembaga Al Falah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Masyudi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media | ||||||
Keywords: | Problematika; Pembelajaran PAI; Pendidikan Agama Islam; Interaktif; Sekolah Dasar; Al Falah | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2016 04:32 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2016 04:32 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4413 |
Actions (login required)
View Item |