This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dlofir, Muhammad Ali (2020) Pengaruh pendidikan prasekolah, usia awal masuk sekolah dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Grabagan Tulangan Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muhammad Ali Dlofir_F02A17273.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui: 1) Pengaruh pendidikan prasekolah, usia awal masuk sekolah terhadap kemandirian Belajar, 2) Pengaruh pendidikan prasekolah, usia awal masuk sekolah, dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca permulaan, 3) Pengaruh secara simultan (bersama-sama) antara pendidikan prasekolah, usia awal masuk sekolah dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, dan 4) Pengaruh secara simultan (bersama-sama) antara pendidikan prasekolah, usia awal masuk sekolah dan motivasi belajar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Grabagan Tulangan Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan data penelitian populasi karena seluruh siswa kelas I SD Negeri Grabagan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 89 siswa dijadikan subjek penelitian. Data dikumpulkan dengan metode angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan uji coba instrumen penelitian ini dilakukan terhadap 26 siswa kelas I SD Negeri Sumberejo 2 Wonoayu Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan prasekolah terhadap kemandirian belajar dengan rx1y1=0,429; R2x1y1=0,184; dan thitung lebih besar dari ttabel (4,428>1,663). 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan usia awal masuk sekolah terhadap kemandirian belajar dengan rx2y1=0,509; R2x2y1=0,259; dan thitung lebih besar dari ttabel (5,512>1,663). 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar dengan rx3y1=0,435; R2x3y1=0,19; dan thitung lebih besar dari ttabel (4,512>1,663). 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan prasekolah terhadap kemampuan membaca permulaan dengan rx1y2=0,483; R2x1y2=0,233; dan thitung lebih besar dari ttabel (5,148>1,663). 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan usia awal masuk sekoah terhadap kemampuan membaca permulaan dengan rx2y2=0,422; R2x2y2=0,178; dan thitung lebih besar dari ttabel (4,338>1,663). 6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan dengan rx3y2=0,396; R2x3y2=0,147; dan thitung lebih besar dari ttabel (4,021>1,663). 7) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan prasekolah, usia awal masuk sekolah, dan motivasi belajar secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar dengan r x123y1= 0,713; R2 x123y1= 0,509 dan diperoleh Fhitung sebesar 29,323 lebih besar dari Ftabel 2,48. 8) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan prasekolah, usia awal masuk sekolah, dan motivasi belajar secara bersama sama berpengaruh signifikan terhadap kempampuan membaca permulaan dengan rx123y2= 0,663; R2x123y2= 0,440 dan diperoleh Fhitung sebesar 29,323 lebih besar dari Ftabel 2,48.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar | ||||||||
Keywords: | Pendidikan prasekolah; Usia awal masuk sekolah; Motivasi belajar; Kemandirian belajar; Kemampuan membaca permulaan. | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | SPd Muhammad Ali Dlofir | ||||||||
Date Deposited: | 15 Oct 2020 11:14 | ||||||||
Last Modified: | 15 Oct 2020 11:14 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44210 |
Actions (login required)
View Item |