This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Suciarta, Salis (2020) Peningkatan hasil belajar tema 8 sub tema 1 materi jenis usaha ekonomi mata pelajaran IPS melalui metode role playing kelas Vc MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Salis Suciarta_D07216036.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahanya hasil belajar siswa kelas V-C MIN 1 Gresik pada mata pelajaran Tema 8 Sub Tema 1 Jenis Usaha Ekonomi. Berdasarkan pra siklus dari 23 anak hanya 5 anak yang tuntas dan 18 anak belum tuntas. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar Tema 8 Sub Tema 1 Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat bagi siswa kelas V-C MIN 1 Gresik. 2) Peningkatan hasil belajar Tema 8 Sub Tema 1 Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat setelah menggunakan metode Role Playing bagi siswa kelas V-C MIN 1 Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode PTK yang digunakan dalam penelitiantian adalah model Kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 tahapan pelaksanaan yakni perencanaan, observasi, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C MIN 1 Gresik terdiri dari 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes dan instrumen dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan metode Rola Playing telah dilakukan dengan baik dan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa . Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yakni 75 meningkat pada siklus II menjadi 91. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 67,5 meningkat menjadi 89 pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dibuktikan dengan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yakni 12 siswa meningkat menjadi 19 siswa pada siklus II. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yakni 59,34 meningkat pada siklus I yakni 70 menjadi 80 pada siklus II. Presentase ketuntasan siswa pada siklus I yakni 52% meningkat pada siklus II mencapai 83%. Siklus II sudah mencapai indikator kinerja ≥ 75 dan ≥ 80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Hasil belajar; jenis usaha ekonomi; role playing | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Salis Suciarta | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2020 01:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2020 01:08 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44297 |
Actions (login required)
View Item |