This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Makrifah, Nurul (2020) Pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa MI Kecamatan Kwanyar Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nurul Makrifah_F02A18359.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting dikuasai oleh peserta didik mengingat pentingnya bahasa Inggris sebagai bahasa International. Namun, realita di Madrasah Ibtidaiyah, siswa belum mahir berbicara dalam bahasa Inggris. Salah satu faktornya adalah bahan ajar yang digunakan tidak mendorong pada kemampuan berbicara (speaking skill), oleh karena itu, perlu adanya pengembangan bahan ajar bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan Berbicara pada Siswa MI. Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain bahan ajar bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara, mendeskripsikan implementasi bahan ajar bahasa Inggris yang telah dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara, mendeskripsikan efektifitas pengembangan bahan ajar bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, di antaranya tahapan analyze, design, develope, implement, evaluate. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain pengembangan bahan ajar bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara mengacu pada model pengembangan ADDIE, dan berdasarkan pada prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar yang meliputi ketepatan cakupan dan kecermatan isi, kelengkapan komponen, penyajian bahasa dan ilustrasi yang tepat. Implementasi bahan ajar dilakukan 4 kali pertemuan dalam uji coba terbatas, dan 6 x pertemuan dalam uji coba luas. Pengembangan bahan ajar bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara dinyatakan efektif dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa pada`aspek psikomotorik dengan rerata skor pretest 73, dan post-test 91, dengan peningkatan N-Gain 0.66 dalam kategori sedang. Dari aspek kognitif, hasil pretest menununjukanr rerata skor 68.5, hasil rerata skor post-test 85.75 dengan peningktan N-Gain 0.54 dalam kategori sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar | ||||||||||||
Keywords: | Penelitian dan Pengembangan: Bahan Ajar Bahasa Inggris: Keterampilan Berbicara. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Nurul Makrifah | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Oct 2020 05:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Oct 2020 05:40 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44318 |
Actions (login required)
View Item |