INTEGRASI MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL : ANALISIS KEBIJAKAN MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haq, A. Faishol (2015) INTEGRASI MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL : ANALISIS KEBIJAKAN MADRASAH DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tesis ini mengangkat permasalahan Integrasi madrasah dalam dalam sistem pendidikan nasional. Di sini, membahas tentang sejarah madrasah mulai pada era prokramasi sampai pada era reformasi, analisis kebijakan-kebijakan madrsah dalam sistem pendidikan pada era kemerdekaan, orde lama, orde baru sampai pada reformasi.
Obyek dari penelitian ini, lebih difokuskan kepada integrasi madrsah dalam sistem pendidikan. Sehingga rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana perkembangan madrasah dalam pendidikan Islam Indonesia, Bagaimana integrasi madrasah dalam sistem pendidikan Nasional, Bagaimana tantangan madrasah setelah terintegrasi dalam sistem pendidikan nasional.
Penelitian dalam tesisi ini adalah studi pustaka (library research), sebab sumber data yang digunakan secara keseluruhan berasal dari perpustakaan atau dokumentatif. Sementara pendekatan penelitian yang penulis pakai adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Proses analisis data dalam penelitian ini menggunakan instrument analisis deduktif dan content analysis atau analisa isi.
Dan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa madrasah pada masa kolonial Belanda tidak mendapatkan perhatian, karena Belanda lebih fokus pada kristenisasi, pada masa kemerdekaan baru mendapatkan perhatian pemerintah dan madrasah mendapatkan bantuan dari pemerintah, pada tahun 1950 ijazah madrasah diakui setara sehingga lulusan madrsah dapat melanjutkan kepada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kemudian lahirlah SKB 3 Menteri antara Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Dalam Negeri yang menyatakan bahwa madrasah setara dengan sekolahan umum, hal ini menunjukkan madrasah sudah terintegrasi dalam sistem pendidikan nasional, pemudian pada UU SISDIKNAS Tahun 2003 semakin mempertegas integrasi madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional yang mana dalam UU SISDIKNAS Pasal 17 dan 18 madrasah secara jelas disebutkan pada pasal tersebut, hal ini belum pernah terjadi pada undang-undang sebelumnya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Eni Purwati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haq, A. FaisholUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Integrasi; Madrasah; Kebijakan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:29
Last Modified: 03 Feb 2016 08:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item