This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fanani, Miftakhul (2020) Pendidikan karakter melalui program penguatan aqidah generasi emas surabaya (PAGER) dalam menanamkan perilaku religius siswa: Studi Kasus di SMPN 46 Surabaya dan SMPN 56 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Miftakhul Fanani _F02316059.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter melalui program penguatan aqidah generasi emas Surabaya dalam menenamkan perilaku religius siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana karakter siswa di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Bagaimana konsep dan implementasi program Penguatan Aqidah Generasi Emas Surabaya (PAGER) di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Bagaimana desain pendidikan karakter melalui program Penguatan Aqidah Generasi Emas Surabaya (PAGER) dalam menenamkan perilaku religius siswa di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya.Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yakni fenomenologis dan interaksi simbolik. Hal yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan data-data yang terkait dengan penelitian, kemudian peneliti mengklasifikasikan sesuai permasalahan yang dibahas, setelah itu data disusun dan di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter melalui program pager di SMP Negeri 46 dan SMP Negeri 56 Surabaya. Karakter siswa pada mulanya kurang baik, sebab latar belakang, lingkungan dan faktor pergaulannya. Akan tetapi, semenjak mengikuti proses pendidikan di sekolah ada perubahan yang mendasar dalam diri pribadi siswa prihal karakter. Perubahan itu dibuktikan dengan pengamalan nilai-nilai karakter yang terpuji dalam kehidupan sehari-sehari. Berkenaan dengan program kegiatan yang ada dalam Penguatan Aqidah Generasi Emas Surabaya atau yang biasa disebut “PAGER” di SMPN 46 dan 56 Surabaya, telah dilaksanakan beberapa program yang dapat diuraikan sebagai berikut: 1.Sambut siswa 2.Shalat dhuha 3.Doa bersama 4.Tilawah al-Qur’an 5.Pembacaan Asmaul husna 6.Shalat dzuhur dan ashar berjamaah 7.Ekstra kurikuler BTQ dan tahfidz 8.Berbagi sedekahDalam pendidikan karakter desain pager meliputi tiga hal, yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kedua sekolah tersebut dapat dikatakan sama dalam hal perencanaannya sebab program yang ada sudah ditetapkan oleh dinas pendidikan
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan - Karakter |
||||||||
Keywords: | Pendidikan karakter; Program PAGER; Perilaku Religius. | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Miftakhul Fanani | ||||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2020 01:29 | ||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2020 01:29 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/44730 |
Actions (login required)
View Item |