This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sukiyan, Sukiyan (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS II MATERI SHALAT FARDHU MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MODELING DI MI AN-NAHDHIYAH LONTAR,SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Pada proses kegiatan belajar mengajar di kelas, siswa kelas II pada pelajaran fikih cenderung pasif siswa merasa jenuh dan bosan. Hal itu dikarenakan guru menjelaskan materi hanya abstrak dan tidak ada pemodelan yang dapat dicontoh siswa dan kurang adanya media yang membantu siswa dalam memahamai materi yang disampaikan oleh guru. Guru hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan berpusat pada guru saja, sehingga nilai pelajaran fikih siswa kelas II MI An-Nahdhiyah cenderung kurang dan masih dibawah nilai KKM (70) khususnya pada materi sholat fardhu. Untuk meningkatkan perkembangan siswa dalam semua aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik maka dapat diterapkan model pembelajaran yang sesuai dengan pokok bahasan dan kondisi siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran modeling.dengan model pembelajaran modeling siswa dapat belajar bersama dan memahami materi yang disampaikan dengan adanya pemodelan dari guru.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran modeling hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Tekhnik pengumpulan data menggunakan hasil observasi guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktifitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran selalu meningkat pada tiap siklusnya. Pada siklus II aktifitas guru mendapat prosentase sebesar 92,3% dan aktifitas siswa mendapat prosentase sebesar 95,5%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 100% dengan nilai rata-rata 84,00.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ahmad Yusam Thobroni | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem | ||||||
Keywords: | Media Pembelajan; Metode Modeling | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2015 04:39 | ||||||
Last Modified: | 09 Feb 2015 04:39 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/449 |
Actions (login required)
View Item |