PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS II MATERI SHALAT FARDHU MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MODELING DI MI AN-NAHDHIYAH LONTAR,SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukiyan, Sukiyan (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS II MATERI SHALAT FARDHU MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MODELING DI MI AN-NAHDHIYAH LONTAR,SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Pada proses kegiatan belajar mengajar di kelas, siswa kelas II pada pelajaran fikih cenderung pasif siswa merasa jenuh dan bosan. Hal itu dikarenakan guru menjelaskan materi hanya abstrak dan tidak ada pemodelan yang dapat dicontoh siswa dan kurang adanya media yang membantu siswa dalam memahamai materi yang disampaikan oleh guru. Guru hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan berpusat pada guru saja, sehingga nilai pelajaran fikih siswa kelas II MI An-Nahdhiyah cenderung kurang dan masih dibawah nilai KKM (70) khususnya pada materi sholat fardhu. Untuk meningkatkan perkembangan siswa dalam semua aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik maka dapat diterapkan model pembelajaran yang sesuai dengan pokok bahasan dan kondisi siswa. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran modeling.dengan model pembelajaran modeling siswa dapat belajar bersama dan memahami materi yang disampaikan dengan adanya pemodelan dari guru.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran modeling hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Tekhnik pengumpulan data menggunakan hasil observasi guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktifitas guru dan siswa selama mengikuti pembelajaran selalu meningkat pada tiap siklusnya. Pada siklus II aktifitas guru mendapat prosentase sebesar 92,3% dan aktifitas siswa mendapat prosentase sebesar 95,5%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 100% dengan nilai rata-rata 84,00.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukiyan, SukiyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Media Pembelajan; Metode Modeling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 04:39
Last Modified: 09 Feb 2015 04:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item