This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hakim, Hilma Nurainul (2015) BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI KONSELING KARIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA DI KELURAHAN SIWALANKERTO WONOCOLO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apa faktor-faktor yang menyebabkan lemahnya motivasi belajar remaja di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya? (2) Bagaimana proses bimbingan konseling islam melalui konseling karir dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya? (3) Bagaimana hasil proses bimbingan konseling islam melalui konseling karir dalam meningkatkan motivasi belajar remaja di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya?
Dalam menjawab permasalah tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisa deskriptif-komparatif, yang mana peneliti membandingkan data dalam teori dengan data yang terjadi di lapangan, analisa dilakukan untuk mengetahui proses serta hasil akhir proses konseling dengan membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah proses konseling. Sedangkan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan lemahnya motivasi belajar remaja adalah ketidak cocokan ayahnya dengan klien dalam memilih karirnya setelah dia lulus dari SMA sehingga waktu bermain lebih banyak daripada waktu yang digunakan untuk belajar, merasa tertekan, kurangnya kosentrasi pada saat di kelas maupun di rumah. dalam
Dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa proses bimbingan konseling Islam melalui langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, terapi/ treatment, dan evaluasi/ follow up, yang di dalam terapinya menggunakan pemberian motivasi yang berupa (1) mengajak klien untuk berfikir positif (2) memberikan pemahaman yang tepat tentang kemampuan dirinya (3) mengenalkan berbagai jenis pekerjaan (4) membuat rencana masa depan sendiri. Dengan pendekatan ini klien diharapkan dapat menghilangkan prilaku yang kurang baik menjadi lebih baik, sedangkan hasil akhir proses konseling terhadap klien dalam penelitian ini cukup berhasil dengan prosentase 60% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan klien yang dapat kembali semangat lagi untuk belajar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Mohamad Thohir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Bimbingan Belajar Remaja, Gaya hidup |
||||||
Keywords: | Bimbingan Konseling Islam; Konseling Karir; Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : samid library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2016 16:30 | ||||||
Last Modified: | 05 Feb 2016 16:30 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4518 |
Actions (login required)
View Item |