Analisis level penalaran Aljabar peserta didik dalam menyelesaikan soal TIMSS dibedakan dari Kecerdasan Logis-Matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Asmaul (2020) Analisis level penalaran Aljabar peserta didik dalam menyelesaikan soal TIMSS dibedakan dari Kecerdasan Logis-Matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Fauziah_D74216087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran aljabar merupakan suatu kemampuan yang melibatkan pembentukan generalisasi dari situasi/ masalah matematika kemudian memformalkan ide tersebut dengan menggunakan simbol-simbol, dan mengeksplorasi konsep dari pola dan fungsi. Dalam penalaran aljabar ada tingkatan penalaran aljabar yang disebut dengan level penalaran aljabar yang dibagi menjadi 2 yaitu level pendidikan dasar (level 0 sampai level 3) dan level pendidikan menengah (level 4 sampai level 6). Level penalaran aljabar dapat ditingkatkan melalui pemberian latihan soal-soal matematika yang berkaitan dengan penalaran, salah satunya yaitu soal TIMSS. Dalam memecahkan masalah pada soal-soal matematika, masing-masing peserta didik memiliki perbedaan cara dan kemampuan penyelesaian yang dipengaruhi oleh kecerdasan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Peserta didik yang memiliki kecerdasan logis-matematis cenderung mudah untuk menyelesaikan masalah. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan level penalaran aljabar peserta didik dalam menyelesaikan soal TIMSS pada peserta didik yang memiliki kecerdasan logis-matematis rendah, sedang, dan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Subjek penelitian yang diambil adalah 6 dari 29 peserta didik kelas VIII MTsN 3 Kota Surabaya yang dipilih berdasarkan tingkat kecerdasan logis-matematis melalui tes angket kecerdasan jamak yang meliputi 2 subjek berkecerdasan logis-matematis tinggi, 2 subjek berkecerdasan logis-matematis sedang, dan 2 subjek berkecerdasan logis-matematis rendah. Adapun instrumen penelitiannya yaitu tes tulis soal TIMSS dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara. Setelah diperoleh data penelitian, dilakukan analisis data berdasarkan kesesuaian indikator tiap level penalaran aljabar dalam menyelesaikan soal TIMSS dibedakan dari kecerdasan logis-matematis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Peserta didik yang memiliki kecerdasan logis-matematis tinggi dalam menyelesaikan soal TIMSS mampu mencapai level 5 dalam level penalaran aljabar yang meliputi mampu menyelesaikan masalah dengan tepat, dapat melihat keteraturan pola yang ada sehingga mampu melakukan perhitungan yang tepat, serta mampu membuat bentuk umum secara tepat. (2) Peserta didik yang memiliki kecerdasan logis-matematis sedang dalam menyelesaikan soal TIMSS mampu mencapai level 5 dalam level penalaran aljabar yang meliputi mampu menyelesaikan masalah dengan tepat, dapat melihat keteraturan pola sehingga perhitungan yang dilakukan tepat dan mampu membuat bentuk umum meskipun bentuk umum yang ditemukan kurang tepat. (3) Peserta didik yang memiliki kecerdasan logis-matematis rendah dalam menyelesaikan soal TIMSS mampu mencapai level 1 dalam level penalaran aljabar yang meliputi mampu menyelesaikan masalah dengan melihat keteraturan pola sehingga dapat melakukan perhitungan yang tepat. Namun, tidak dapat membuat bentuk umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Asmaulasmaulfauziah98@gmail.comD74216087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Level Penalaran Aljabar; Soal TIMSS; Kecerdasan Logis-Matematis.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Asmaul Fauziah
Date Deposited: 24 Nov 2020 02:44
Last Modified: 24 Nov 2020 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45202

Actions (login required)

View Item View Item