This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nuzula, Anita Firdausy (2020) Pengaruh pembelajaran Khat terhadap kecerdasan emosional peserta didik sekolah Kaligrafi Al-Qur'an (SAKAL) Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Anita Firdausy Nuzula_D91216093.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan hal sangat penting. Melihat fenomena pendidikan saat ini, pendidikan lebih mengarah kepada kemampuan kognitif. Sehingga banyak lembaga pendidikan yang lebih mementingkan pencapaian nilai kognitif peserta didik Namun, kecerdasan intelektual (IQ) tidak menjamin dalam kesuksesan tanpa adanya kecerdasan emosional (EQ). EQ sangatlah tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual (IQ). Maka dari itu lembaga pendidikan perlu memberikan program ataupun kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Program atau kegiatan pembelajaran khat dapat dijadikan program dari suatu lembaga pendidikan, seperti yang penulis temukan adanya pembelajaran khat di madrasah-madrasah, dan bahkan menjadi pelajaran muatan lokal. Pembelajaran khat juga bisa menjadi materi penunjang pelajaran yang berbasis agama Islam. Dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Jombang. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran khat terhadap kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Jombang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh populasi menjadi sampel karena jumlah populasi relatif kecil yaitu kurang dari 30 orang. Yang mana jumlah populasi penelitian ini adalah 29 peserta didik. Tehnik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Tehnik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis determinasi, analisis regresi linier sederhana. Hasil yang diperoleh melalui hasil perhitungan menghasilkan t hitung sebesar 3,493 dan diperoleh nilai t tabel 2,051. Sehingga t hitung lebih besar daripada t tabel (3,493 > 2,051). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian pembelajaran khat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional. Dengan analisis koefisien determinasi, dihasilkan nilai sebesar 30,9. Sehingga pengaruh pembelajaran khat terhadap kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Kaligrafi Al-Qur’an (SAKAL) Jombang sebesar 30,9%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kecerdasan Psikologi Al Qur'an |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Khat; Kecerdasan emosional; Peserta didik. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Anita Firdausy Nuzula | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Dec 2020 09:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Dec 2020 09:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45365 |
Actions (login required)
View Item |