This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dewi, Intan Sari Iftitah (2015) ISTIKHDAAM THARIIQAH LA'B AL ADWAAR LI TANMIYAH MAHARAH AL KALAAM : BAHTS TAJRIIBII FII MADRASAH AL MUTAWASITHAH AL IKHLAS LUMAJANG JAWA SYARQIYYAH. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (369kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di SMP al-Ikhlash Lumajang, peneliti menemukan persoalan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara, yaitu (1) kurangnya kosakata yang diperoleh oleh siswa. (2) kurangnya latihan berbicara bagi siswa. Dan peneliti melihat bahwa kemampuan siswa dalam berbicara sangat lemah. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tentang penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran keterampilan berbicara, karena teknik ini banyak membantu peningkatan dalam berbicara.
Pumusan masalah terletak pada sejauh mana efektifitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknik bermain peran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengucapkan bahasa dengan benar, menggunakan kosakata yang sesuai dan berbicara dengan lancar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kualitatif, dan berlangsung dalam 7 pertemuan. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, angket dan tes.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, murid, observasi proses pembelajaran dan hasil pretest dan postest siswa. Sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, interview, angket, dan test. Untuk menganalisis data digunakan beberapa tahap yaitu persiapan penyajian data, dan analisis dan interpretasi data menggunakan rumus prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pretest sebelum menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa arab yang menunjukan baik adalah 43,7%, sedangkan nilai posttest setelah menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran bahasa arab adalah 53,9% sehingga terjadi efektifitas keterampilan berbicara sebanyak 10,2% dengan metode bermain peran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknik bermain peran efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengucapkan kata dengan benar, menggunakan kosakata yang sesuai dan berbicara dengan lancar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Role Play; Improving Speaking Skill; | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Bermain Peran; Keterampilan Berbicara; Metode Belajar | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2016 07:05 | ||||||
Last Modified: | 09 Feb 2016 07:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4545 |
Actions (login required)
View Item |