PESAN DAKWAH TABLOID MODIS : SEMIOTIK RUBRIK WOMEN COMMUNITY EDISI 155 MINGGU I-II JUNI 2014

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Suaibatul (2015) PESAN DAKWAH TABLOID MODIS : SEMIOTIK RUBRIK WOMEN COMMUNITY EDISI 155 MINGGU I-II JUNI 2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Adapun penelitian ini mengambil fokus : Bagaimana pesan dakwah rubrik “Women Community” Tabloid Modis Edisi 155 Minggu I-II Juni 2014 ?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang disajikan kemudian dianalisis menggunakan analisis semiotik model Charles Sanders Peirce, yang sering dikenal dengan “triangle meaning” atau segitiga makna, yakni tanda, objek, dan interpretan. Tanda adalah sesuatu yang berbentuk fisik yang bisa dirasakan panca indera manusia dan merupakan sesuatu yang merepresentasikan diluar dirinya sendiri. Objek atau acuan tanda adalah konteks social yang menjadi referensi dari tanda. Sedangkan interpretan konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkanya kepada suatu makna tertentu.
Dari penelitian tersebut, peneliti menentukan bahwa setiap paragraph atau kalimat dalam Rubrik Women Community Tabloid Modis Edisi 155 Minggu I-II Juni 2014 terdapat nilai dakwah. Yaitu pesan dakwah tentang Syari’ah dan pesan dakwah tentang Akhlaqul Karimah (Budi Pekerti). Namun pada hasil penelitian ini condong pada Pesan dakwah tentang Akhlaqul Karimah (Budi Pekerti). Diantaranya pesan dakwah tentang berbusana, peran aktif atau potensi diri, memilih nama yang baik, menjaga silaturahim, member santunan terhadap anak yatim-piatu, fakir-miskin, dan berbagi ilmu. Banyak pesan dakwah yang dapat dijadikan tauladan bagi para muslimah dalam menggunakan hijab dengan baik dan benar sesuai yang di syari’atkan agama.
Penelitian ini menganalisis semua paragraf dalam Rubrik Women Community Tabloid Modis Edisi 155 Minggu I-II Juni 2014. Untuk peneliti berikutnya agar dapat mengembangkan dan menyempurnakan penelitian lebih dalam lagi tentang Pesan Dakwah Tabloid Modis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Fahrur Razi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, SuaibatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Pesan Dakwah; Semiotik; Rubrik Women Community dalam Tabloid Modis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2016 08:28
Last Modified: 12 Feb 2016 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4565

Actions (login required)

View Item View Item