This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadhilah, Shinta Khusnatul (2021) Perencanaan komunikasi interpersonal pemilik Toko Omah Vape dalam memberikan pelayanan customer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Shinta Khusnatul Fadhilah_B05217057.pdf Download (1MB) |
Abstract
Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menguasai sektor perdagangan di Indonesia dengan mencapai 64 juta pengusaha UMKM. Angka tersebut mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Selama pandemi Corona Covid-19, sektor UMKM paling terdampak karena cenderung dibentuk tanpa proses perencanaan yang matang. Hal tersebut membuat beberapa pemilik usaha mikro kecil menengah menerapkan sebuah perencanaan khusus untuk melancarkan usaha mereka. Dari paparan di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana langkah – langkah perencanaan komunikasi interpersonal yang digunakan oleh pemilik toko omah vape dan pegawainya dalam memberikan pelayanan customer. Peneliti menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teori perencanaan komunikasi dari Cutlip dan Center. Hasil dari penelitian ini berupa langkah – langkah perencanaan komunikasi interpersonal yang digunakan oleh pemilik toko omah vape dan pegawainya dalam memberikan pelayanan customer: menyamakan persepsi dengan merekomendasikan produk kepada customer, mengatur emosi ketika melayani customer, dan menganggap customer adalah teman atau tamu yang berkunjung ke rumah. Peneliti menaruh harap kepada peneliti selanjutnya agar dapat meneliti, mengkaji, dan menelaah lebih dalam mengenai Perencanaan Komunikasi Interpersonal yang digunakan pemilik toko dalam memberikan pelayanan customer.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Komunikasi | ||||||||
Keywords: | Perencanaan; Komunikasi Interpersonal; Customer. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | Shinta Khusnatul Fadhilah | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2021 05:03 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jan 2021 05:07 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45715 |
Actions (login required)
View Item |