This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shafiyullah, Mushlih (2016) TATHWIIR MAWAAD TA'LIIM MAHARAH AL ISTIMA' LI AL THULLAAB AL MUSTAWAA AL AWWAL AL JAAMI'IY: AL BAHTS WA AL TATHWIIR BI AL TATHBIQ 'ALA FASHL AL ISTIMA' QISM TA'LIIM AL LUGHAH AL ARABIYAH KULLIYAH AL TARBIYAH WA AL TA'LIM BI JAMI'AH SUNAN AMPEL AL ISLAMIYAH AL HUKUMIYAH. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (851kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (747kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar di kelas istima’ Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya menggunakan materi yang terdiri dari file suara yang mengandung budaya Arab saja tanpa ada budaya indonesia, sehingga ada jarak budaya antara bahan ajar dengan kehidupan mahasiswa.
Dengan latarbelakang itulah, peneliti mengajukan rumusan masalah: 1) Apa karakteristik materi ajar istima’ pada kelas istima’ semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya sebelum pengembangan? 2) Bagaimana mengembangkan materi ajar istima’ pada kelas istima’ semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya? 3) Bagaimana efektifitas materi ajar yang dikembangkan kelas istima’ semester 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Ampel Surabaya?
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan karakteristik meteri ajar istima’ sebelum dikembangkan dan untuk menjelaskan pengembangan materi ajar. Peneliti juga menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui efektifitas materi ajar yang dikembangkan. Adapun populasi dan sampelnya adalah kelas istima’ C dan D yang berjumlah 44 mahasiswa. Sedangkan instrumen pengumpulan datanya berupa observasi, interview, dan tes.
Adapun hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah materi yang dikembangkan memiliki efektifitas untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Arab pada mahasiswa.
Berikut adalah hasil penelitiannya : 1) Materi ajar -sebelum dikembangkan- terdiri dari file suara yang mengandung teks dengan pembicara asli namun tidak mengandung budaya Indonesia dan materi ajar masih belum tertata rapi dalam satu buku. 2) Peneliti mengembangkan materi ajar dengan memperhatikan budaya mahasiswa, kemudian ada materi yang tetap dipertahankan, diganti atau diadakan karena sebelumnya memang belum ada. 3) Materi ajar yang dikembangkan memiliki efektifitas. Terbukti dari nilai t0 (5,154) lebih besar dari tt taraf signifikansi 5% sebesar 2,018 dan taraf signifikansi 1% sebesar 2,698 dengan ini maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, materi ajar yang dikembangkan efektif meningkatkan maharah istima’ pada mahasiswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab Pendidikan |
||||||
Keywords: | Keterampilan Mendengar; Pengembangan Materi Ajar; Materi Pendidikan | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mushlih Shafiyullah | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2016 02:03 | ||||||
Last Modified: | 11 Mar 2016 02:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4576 |
Actions (login required)
View Item |