This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Latif, Humayra’ Nafisah Mar’atul (2021) Sidik jari dalam Alquran perspektif Tafsir Ilmi Kementrian Agama RI : telaah tafsir ‘ilmi terhadap lafaz bananah dalam surah Al-Qiyamah ayat 4. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Humayra’ Nafisah Mar’atul Latif_E93217063.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, peneliti akan meneliti bagaimana sidik jari dalam Alquran Surah Al-Qiyamah 4 dalam Tafsir Ilmi Kemenag dan keterkaitan terhadap teori sains modern. Hal ini dikarenakan era sebelumnya penafsiran pada Alquran Surah Al-Qiyamah ayat 4 hanya sebatas penafsiran lafaz karena belum terdapat penelitian mengenai ayat ini melalui pendekatan ilmiah. Sidik jari merupakan garis-garis halus yang berada diseluruh ujun kullit manusia, tetapi paling terlihat pada bagian ujung jari tangan dan kaki. Pada saat ini, sidik jari dan teknologi yang berkaitan dengan sidik jari sangat membantu kehidupan manusia. Dan dalam Alquran Surah Al-Qiyamah ayat 4 ditemukan indikasi makna mengenai sidik jari pada lafaz bana>nah karena beberapa alasan atau latar belakang mengapa dimaknai sebagai sidik jari. Kitab Tafsir Ilmi Kementrian Agama RI merupakan kitab tafsir ilmi pertama di Indonesia yang menggunakan pendekatan ilmiah untuk menafsirkan Alquran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Al Qur'an Tafsir > Tasfir Hadis Tafsir > Tafsir Al Qur'an |
||||||||
Keywords: | Bananah; Sidik Jari; Tafsir Ilmi Kementrian Agama RI. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | Humayra' Nafisah M | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2021 10:43 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jan 2021 02:29 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45772 |
Actions (login required)
View Item |