This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Rahajeng Amelia (2021) Pengaruh Penggunaan Sistem Evaluasi Dengan Media CBT (Computer Based Test) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis di MAN 1 Pasuruan. Engd thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rahajeng Amelia Putri_D91217127.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem evaluasi CBT (Computer Based Test) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Pasuruan. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) bagaimana penggunaan sistem evaluasi dengan media CBT (Computer Based Test) pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Pasuruan; 2) bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di MAN 1 Pasuruan; 3) bagaimana pengaruh sistem evaluasi dengan media CBT terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN 1 Pasuruan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas XI di MAN 1 Pasuruan tahun pelajaran 2020/2021. Jumlah populasinya adalah 394 siswa dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling sebesar 20% yaitu 80 siswa atau responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket (skala likert). Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) penggunaan sistem evaluasi dengan media CBT terdapat pada hasil 75,6% berada pada rentang 75% - 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. 2) motivasi belajar siswa terdapat pada hasil 75,2% berada pada rentang 75% - 100% yang termasuk dalam kategori sangat baik. 3) pengaruh penggunaan sistem evaluasi dengan media CBT terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Pasuruan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS for Windows versi 21 diketahui bahwa nilai Fhitung adalah sebesar 10.275 dan nilai signifikansi sebesar 0.002. Jadi berdasarkan nilai signifikansi 0.002 < 0.05 dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti variabel X (penggunaan media CBT) berpengaruh terhadap variabel Y (motivasi belajar). Pengaruh variabel bebas (penggunaan media CBT) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) adalah 11,6% dan nilai R adalah 0.341 yang memiliki arti bahwa besarnya nilai korelasi/hubungan adalah 0.341. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem evaluasi dengan media CBT berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Pasuruan. Akan tetapi dapat diketahui bahwa penggunaan sistem evaluasi dengan media CBT memiliki pengaruh yang rendah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN 1 Pasuruan karena besarnya nilai R adalah 0.341 yang berada pada rentang 0.20 – 0.399.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Engd) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Motivasi Belajar Pendidikan > Evaluasi |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | RAHAJENG AMELIA | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2021 08:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2021 08:18 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/45809 |
Actions (login required)
View Item |