This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maksuroh, Maksuroh (2020) Pembelajaran calistung: studi kasus pembelajaran tambahan di RA Hidayatullah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Maksuroh_D98216070.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pembelajaran calistung di RA Hidayatullah yang dilakukan secara tersendiri dan khusus untuk menunjang kemampuan siswa dalam baca, tulis dan hitung. Yang latar belakang pendidikan orang tua siswa atau wali murid yang masih rendah, yaitu 26 dari mereka lulusan SD, 6 dari mereka lulusan SMP dan 5 dari mereka lulusan SMA. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui pengimplementasian pembelajaran calistung di RA Hidayatullah Rumusan masalah ini diantaranya: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran tambahan calistung di RA Hidayatullah; 2) Mengapa RA Hidayatullah mengadakan pelayanan pembelajaran tambahan calistung; 3) Bagaimana dampak pembelajaran tambahan calistung terhadap siswa-siswi kelompok B di RA Hidayatullah. Penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah siswa kelompok B di RA Hidayatullah Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang diawali dengan reduksi data, lalu menyajikan data, dan veriikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pebelajaran calistung di RA Hidayatullah yang diakukan dengan model pebelajaran langsung dan mengelompokkan siswa menjadi tiga tingkat yang berdasarkan pada kemampuan siswa, dan menjadi empat kelompok dengan jumlah siswa 8-10 siswa setiap kelompoknya, yang dapat memudahkan siswa untuk bisa calistung. Sehingga semua siswa di RA Hidayatullah dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator yang telah ditentukan seperti menulis nama sendiri, mengenal berbagai huruf beserta bunyinya, dan mengenal angka 1-10 beserta konsepnya, walaupun untuk siswa yang memiliki tingkat kemampuan paling rendah di RA Hiadayatullah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Minat Baca Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran; Calistung; RA. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Maksuroh Maksuroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2021 08:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Feb 2021 08:37 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46111 |
Actions (login required)
View Item |