This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mujib, Abdul (2021) Manajemen Pemasaran Hotel Syariah: studi Kasus Hotel Sofyan Syariah Grand Kalimas Surabaya dan Hotel Namira Syariah Surabaya. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Abdul Mujib_F53315060.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bisnis halal tourism melalui perhotelan syariah yang semakin semarak di era globalisasi seiring dengan banyaknya permintaan pasar halal tourism dalam negeri maupun asing. Berbeda dengan isu shariah compliance pada hotel syariah yang sudah banyak dijadikan fokus kajian, sampai saat ini belum ada peneliti yang mengembangkan secara spesifik strategi pemasaran hotel syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Padahal, Islamic marketing merupakan bagian penting dalam mengembangkan industri halal di bidang perhotelan, di samping shariah compliance pada hotel syariah. Penelitian ini dilaksanakan pada hotel syariah berbintang di Surabaya yang dirumuskan dalam rumusan masalah: 1. Bagaimana implementasi manajemen pemasaran Hotel Sofyan Syariah Grand Kalimas dan Hotel Namira Syariah Surabaya? 2. Bagaimana pola manajemen pemasaran hotel Sofyan syariah Grand Kalimas dan Hotel Namira Syariah Surabaya? 3. Bagaimana model manajemen pemasaran hotel syariah? Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada pihak-pihak manajemen hotel syariah dan pihak-pihak marketing hotel syariah dengan melakukan wawancara dan observasi untuk menggali data pada pihak-pihak yang expert di bidang manajemen pemasaran hotel syariah. Penelitian ini menghasilkan 1. Implementasi manajemen pemasaran hotel syariah menggunakan marketing mix sharia (bauran pemasaran Syariah). 2. Manajemen pemasaran hotel syariah menggunakan tiga pola, yaitu pola pemasaran tradisional, pola pemasaran modern dan pola pemasaran syariah. 3. Model manajemen pemasaran hotel syariah dengan menanamkan nilai-nilai relejius dengan menekankan pada norma, attitude dan behavior dengan menerapkan Islamic principles, Islamic practices, Islamic rules dan Islamic beliefs, baik manajemen internal maupun eksternal. Pada pemasaran Internal sebagai pembeda dengan hotel konven menambah Variabel Islamic atmosphere dan di eksternal menambah Islamic brotherhood. Kemudian untuk meningkatkan pemasaran manajemen hotel harus melakukan relasi dan kolaborasi dengan stakeholders, baik pemerintah, institusi-intitusi, ormas-ormas Islam yang menjadi target sasaran pemasaran. Temuan dalam disertasi ini merumuskan model manajemen pemasaran hotel syariah dan pengembangan Marketing Mix Sharia pada hotel syariah dengan menambahkan Variabel Islamic atmosphere pada manajemen pemasaran internal dan Islamic brotherhood pada manajemen pemasaran eksternal agar sesuai dengan prinsip Manajemen pemasaran dan sesuai dengan nilai-nilai syariah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Manajemen Strategi Pemasaran |
||||||||||||
Keywords: | Hotel Syaria; Pemasaran Hotel Syariah dan Manajemen Pemasaran Hotel Syariah; Manajemen Pemasaran Syariah. | ||||||||||||
Divisions: | Program Doktor > Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | Abdul Mujib | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2021 23:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2021 23:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46213 |
Actions (login required)
View Item |