Profil penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang dibedakan dari gaya kognitif sistematis-intuitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Ananda Putri Widia (2021) Profil penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang dibedakan dari gaya kognitif sistematis-intuitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ananda Putri Widia Amelia_D74215082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran analogi merupakan proses penarikan kesimpulan dengan menggunakan kesamaan sifat dan pola hubungan dari permasalahan sumber untuk diaplikasikan pada masalah target. Ada 6 tahapan dalam penalaran analogi 1) pengkodean (encoding), 2) penafsiran (inferring), 3) pemetaan (mapping), 4) penerapan (applying) 5) pembenaran (justification), dan 6) respon (respond). Salah satu hal yang berkaitan dengan penalaran analogi siswa ialah gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan cara mengevaluasi informasi dan memilih strategi dalam menyelesaikan masalah gaya kognitif terbagi menjadi gaya kognitif sistematis dan intuitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang dibedakan dari gaya kognitif sistematis-intuitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 subjek bergaya kognitif sistematis, dan 2 subjek bergaya kognitif intuitif di kelas IX-E SMP Negeri 15 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara berbasis tugas. Kemudian dianalisis berdasarkan tahapan penalaran analogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif sistematis dalam menyelesaikan masalah bangun ruang cenderung lebih teliti dalam mengamati soal untuk kemudian dipikirkan proses penyelesaiannya sehingga dapat melewati keenam tahapan penalaran analogi dengan baik. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif intuitif dalam menyelesaikan masalah cenderung kurang teliti sehingga hanya baik pada tahap encoding, cukup mampu pada tiga tahapan penalaran analogi yaitu mapping, applying, respond, serta kurang mampu pada tahap inferring dan justification

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Ananda Putri Widiaanandaputriwa@gmail.comD74215082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Kepribadian
Matematika
Keywords: Penalaran analogi; Masalah bangun ruang; Gaya kognitif.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ananda Putri Widia Amelia
Date Deposited: 26 Feb 2021 13:12
Last Modified: 26 Feb 2021 13:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/46772

Actions (login required)

View Item View Item