This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sa'adah, Rofi Qoh (2021) Profil proses berpikir kombinatorial siswa dalam memecahkan masalah Matematika dibedakan dari gaya berpikir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rofi Qoh Sa'adah_D74216109.pdf Download (3MB) |
Abstract
Berpikir kombinatorial adalah salah satu proses berpikir siswa yang ditandai dengan mengkombinasikan seluruh alternatif penyelesaian yang mungkin dalam pemecahan masalah. Adapun tahapan yang digunakan dalam indikator berpikir kombinatorial untuk penelitian ini yaitu: investigasi beberapa kasus; menemukan secara pasti semua kasus yang akan diselesaikan; secara sistematis menggeneralisasikan alternatif penyelesaian semua kasus; dan mengubah masalah menjadi masalah masalah kombinatorial lainnya. Salah satu hal yang berkaitan dengan proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah ialah gaya berpikir, dimana setiap siswa memiliki gaya berpikir yang berbeda-beda. Dimana perbedaan tersebut akan mempengaruhi kemampuan masing-masing siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil proses berpikir kombinatorial siswa dengan gaya berpikir acak abstrak dan sekuensial abstrak dalam memecahkan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan karakteristik dua siswa gaya berpikir acak abstrak dan dua siswa gaya berpikir sekuensial abstrak, yang berasal dari kelas IX-I MTs Negeri 3 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes tulis berupa masalah aljabar dan wawancara untuk menguatkan hasil tes tulis. Kemudian dianalisis berdasarkan indikator berpikir kombinatorial. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: siswa dengan gaya berpikir acak abstrak pada tahap investigasi beberapa kasus, subjek menjelaskan tentang konsep dan apa yang diketahui dalam soal. Pada tahap menemukan secara pasti semua kasus yang akan diselesaikan subjek memeriksa kembali informasi yang diperoleh dengan menuliskannya ke dalam simbol atau kalimat matematika, menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal. Pada tahap secara sistematis menggeneralisasikan alternatif penyelesaian semua kasus, subjek menyelesaikan masalah hingga mendapatkan solusi dan menemukan alternatif jawaban lain. Pada tahap mengubah masalah menjadi masalah masalah kombinatorial lainnya subjek menuliskan penyelesaian masalah menggunakan lebih dari satu cara, dan membuat penjelasan dari kesimpulan yang diperoleh. Siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak pada tahap investigasi beberapa kasus subjek menjelaskan tentang konsep dan apa yang diketahui dalam soal. Pada tahap menemukan secara pasti semua kasus yang akan diselesaikan subjek memeriksa kembali informasi yang diperoleh dengan menuliskannya ke dalam simbol atau kalimat matematika tetapi tidakn secara lengkap dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal. Pada tahap secara sistematis menggeneralisasikan alternatif penyelesaian semua kasus, subjek menyelesaikan masalah hingga mendapatkan solusi dan menemukan alternatif jawaban lain. Pada tahap mengubah masalah menjadi masalah masalah kombinatorial lainnya subjek menuliskan penyelesaian masalah menggunakan lebih dari satu cara, dan membuat penjelasan dari kesimpulan yang diperoleh.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Berpikir Kombinatorial; Masalah Matematika; Gaya Berpikir; Acak Abstrak; Sekuensial Abstrak. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Sa'adah Rofi Qoh | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Apr 2021 11:47 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Apr 2021 11:47 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47270 |
Actions (login required)
View Item |