Efektivitas video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamil, Alvian Nur (2021) Efektivitas video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvian Nur Jamil_D91217040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa di tengah pandemi Covid-19 yakni memanfaatkan dengan maksimal media pembelajaran. Dengan menggunakan video pembelajaran dirasa sangat tepat bila diterapkan dalam pembelajaran jarak jauh yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Republik Indonesia, karena penerapan video pembelajaran di samping sebagai media yang fleksibel juga tidak perlu dilakukan melalui tatap muka secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, untuk bentuk eksperimennya sendiri termasuk dalam pretest-posttest control group design, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui akibat dari hasil perlakuan yang telah diberikan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MAN 1 Lamongan pada mata pelajaran akidah akhlak dengan mengambil sampel pada kelas XI MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelompok kontrol, sedangkan untuk uji coba instrumen penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 4. Uji coba instrumen dilakukan untuk mengetahui kevalidan instrumen yang menggunakan teknik tes soal dengan langkah, uji validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Sedangkan untuk uji analisis data terdapat dua langkah yang terdiri analisis tahap awal dan untuk analisis tahap akhir. Analisis tahap awal dilakukan untuk uji kelayakan video pembelajaran dari ahli materi dan ahli media dan angket siswa kelas eksperimen untuk mengetahui implementasi video pembelajaran. Analisis tahap akhir dilakukan setelah mendapat data nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol, yang menggunakan analisis uji normalitas, uji homogenitas, uji gain, uji Independen Sample t-test dan uji hipotesis dengan analisis Paired Sample t-test, analisis tersebut digunakan untuk mengetahui kefektifan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada deskriptif video pembelajaran mengenai tahapan pembuatan media video mulai dari tahap perencanaan, tahap desain video yang meliputi shooting video, (proses editing dan mixing menggunakan piranti adobe premiere), sehingga mendapat output video pembelajaran akidah akhlak dengan materi membiasakan akhlak terpuji. Untuk kelayakan video pembelajaran tersebut memperoleh nilai dari ahli media sebesar 64 dari skor maksimal 70 dan nilai dari ahli materi sebesar 118 dari skor maksimal 125, kedua nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji angket yang dibagikan kepada kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui implementasi video pembelajaran dalam proses belajar mengajar memperoleh hasil dari variable (X) mendapat 82,95% dan variable (Y) mendapat 81,79% kedua hasil tersebut termasuk dalam kriteria sangat baik. Pada analisis data memperoleh hasil pre-test kelas eksperimen dengan rata-rata nilai 71,14 dan kelas kontrol mendapat rata-rata nilai 67,86, sedangkan untuk nilai post-test kelas eksperimen mendapat rata-rata nilai 86,43 dan kelas kontrol mendapat rata-rata nilai 76,57. Data pre-test dan post-test kedua kelas tersebut dikatakan normal, karena hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapat nilai sig.(2-tailed) lebih besar dari taraf false 0,05. Data tersebut juga dari varian yang sama karena mendapat nilai homogenitas dengan analisi Levene Statistic dengan nilai sig.(p > 0,05). Dari hasil Independen Sampel t-test menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,181 > 0,05 artinya kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal yang sama dan dapat diperbandingkan. Penggunaan video pembalajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak khususnya dalam materi membiasakan akhlak terpuji, hal itu dibuktikan oleh hasil uji Paired Sample t-test dari kedua kelas memperoleh skor sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 dengan selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang menggunakan media video mendapat skor selisih 15,29, sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional mendapat skor selisih 8,71. Dari nilai N gain juga membuktikan pada kelas kontrol mendapat nilai 0,53 dengan kategori sedang dan kelas eksperimen mendapat nilai 0,27 dengan kategori rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamil, Alvian Nuralvian.noe76@gmail.comD91217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Video Pembelajaran; Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alvian Nur Jamil
Date Deposited: 18 Apr 2021 12:23
Last Modified: 18 Apr 2021 12:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47569

Actions (login required)

View Item View Item