This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zihara, Adina Umami (2021) Pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Adina Umami Zihara_D97217080.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV. Hal tersebut terjadi ketika pembelajaran daring berlangsung selama masa pandemi. Tugas-tugas yang diberikan oleh guru tidak dikerjakan dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar yang diperoleh. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk membantu hasil belajar peserta didik adalah melaksanakan kegiatan belajar kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan belajar kelompok aqidah akhlak di kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. 2) Hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. 3) Pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV MI Asasul Huda Tulangan Sidoarjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes, lembar angket, dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan belajar kelompok aqidah akhlak di kelas IV berjalan dengan baik sesuai dengan hasil observasi yang diperoleh. 2) Hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas IV baik terbukti dengan rata-rata hasil belajar yang diperoleh sebesar 83,15. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh belajar kelompok terhadap hasil belajar aqidah akhlak kelas IV dengan perhitungan analisis regresi linier sederhana diperoleh pengaruh sebesar 80,7 %. Berdasarkan nilai t diketahui nilai thitung sebesar 10,480 > ttabel 2,060. Sehingga variabel belajar kelompok berpengaruh terhadap variabel hasil belajar. Taraf signifikasi yang diperoleh sebesar 0,000 yang mana kurang dari 0,05 dan ditulis 0,00 < 0,05, maka model regresi dapat digunakan untuk memprediksi variabel hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel belajar kelompok (X) terhadap variabel hasil belajar (Y).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Aqidah Aqidah Wajib Belajar > Aqidah Belajar |
||||||||
Keywords: | Belajar kelompok; Hasil belajar; Aqidah akhlak. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Adina Umami Zihara | ||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2021 07:11 | ||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2021 07:11 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47675 |
Actions (login required)
View Item |