This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alam, Ilman Nur (2020) Strategi pemasaran pariwisata ke Asia Tenggara oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (DISBUDPAR) Jawa Timur Tahun 2018-2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Surbaya.
Text
Ilman Nur Alam_ I72216037.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Jawa Timur merupakan salah satu instansi pemerintah yang memiliki peran dominan di bidang pariwisata di tingkat provinsi. Dalam melakukan pemasaran pariwisata, DISBUDPAR memiliki beberapa strategi. Skripsi ini menekankan fokus pembahasannya tentang bagimana strategi pemasaran pariwisata yang diterapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Jawa Timur ke Asia Tenggara tahun 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Landasan teori yang digunakan merujuk pada tiga strategi pemasaran yang dirumuskan oleh Kotler yaitu segmenting, targetting, dan positioning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pariwisata yang diterapkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Jawa Timur ke Asia Tenggara pada tahun 2018-2020 menggunakan konsep DOT (destination, origin, dan time). Kemudian dalam aspek promosi menggunakan konsep strategi BAS yaitu branding, advertising, dan selling serta strategi media berupa paid media, owned media, social media, dan endorser. Konsep origin berhubungan erat dengan pola segmenting atau pasar mana yang dituju dan pola targeting atau negara-negara apa saja yang akan disasar. Konsep destination dapat dijelaskan dengan pola positioning yaitu nilai atau persepsi apa yang melekat pada obyek pariwisata Jawa Timur.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Kerjasama Internasional Manajemen Strategi Pemasaran |
||||||||
Keywords: | Strategi pemasaran pariwisata; Dinas Kebudayaan dan Pariwisata; Jawa Timur; Asia Tenggara. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional | ||||||||
Depositing User: | Ilman Nur Alam | ||||||||
Date Deposited: | 27 Apr 2021 13:42 | ||||||||
Last Modified: | 27 Apr 2021 13:42 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47690 |
Actions (login required)
View Item |