This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Kurniawan, Hendik Agus (2021) Persaingan usaha pedagang sembako perspektif Etika Bisnis Islam: studi kasus pada pasar tradisional Pagesangan Kecamatan Jambangan, Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Hendik Agus Kurniawan_G04216030.pdf Download (1MB) |
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini yaitu pengelola dan pedagang sembako di pasar tradisional Pagesangan Kecamatan Jambangan Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persaingan usaha pedagang sembako yang terjadi di pasar tradisional Pagesangan meliputi empat aspek yaitu persaingan produk, persaingan harga, persaingan tempat, dan persaingan pelayanan. Dari ke empat indikator tersebut terdapat persaingan tidak sehat dari segi pelayanan yaitu masih menjumpai pedagang sembako yang curang dengan berlaku tidak adil dalam melakukan penimbangan dan takaran suatu barang yang dapat merugikan pembeli. Kemudian tinjauan etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha pedagang sembako di pasar tradisional Pagesangan mencakup lima prinsip yaitu ketauhidan (kesatuan/unity), keseimbangan (keadilan/equilibrium), kehendak bebas (free will), tanggung jawab (responsibility), dan kebenaran (Ihsan/benevolence). Dari kelima prinsip tersebut sebagian besar aktivitas persaingan usaha yang dilakukan oleh pedagang sembako sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, meskipun ada sebagian pedagang sembako yang melakukan persaingan usaha tidak sehat dan bertentangan dengan etika bisnis Islam yaitu dengan berlaku curang kepada pembeli dalam segi penimbangan dan takaran barang dengan tujuan mematikan pedagang sembako lainnya serta dapat merugikan pihak pembeli. Saran dari peneliti bagi para pedagang sembako yang ada di pasar tradisional Pagesangan dalam menentukan harga haruslah mempertimbangkan beberapa aspek agar harga yang berlaku sesama pedagang sembako bisa seimbang sesuai standar harga pasar. Selain itu diharapkan untuk pedagang sembako lebih bersikap adil dan jujur dalam melakukan penimbangan dan takaran barang kepada setiap pembeli seperti menggunakan alat timbangan digital yang lebih akurat dan lebih terbuka agar tidak ada pembeli yang merasa dirugikan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Islam Pedagang Etika |
||||||||
Keywords: | Persaingan Usaha; Etika Bisnis Islam. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Hendik Hendik Agus Kurniawan | ||||||||
Date Deposited: | 26 May 2021 13:45 | ||||||||
Last Modified: | 26 May 2021 13:45 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47858 |
Actions (login required)
View Item |