This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lutfiah, Lilis Ni'matul (2009) دراسة مقارنة عن مدخل التعميم النحوى في كتاب العمرطى و كتاب معجم قواعد اللغة العربية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Lilis Ni'matul Lutfiah_D02205076.pdf Download (2MB) |
Abstract
Studi Perbandingan tentang pendekatan pengajaran nahwu antara kitab "Imrithy" dan kitab "Mu'jam Qowa'idul Lughoh Al 'Arobiyah
Terpilihnya judul tersebut berdasarkan atas kenyataan bahwasanya Nahwu merupakan materi dari materi-materi pembelajaran yang diajarkan dalam pelajaran bahasa Arab dan juga materi yang paling penting dalam bahasa arab. Adapun berhasil tidaknya pembelajaran itu tergantung pada berbagai macam sebab diantaranya pendekatan yang digunakan. Begitu juga dalam pembelajaran Nahwu. Pendekatan pembelajaran Nahwu yang digunakan dalam berbagai kitab itu berbeda antara satu dengan yang lain. Atas dasar pemasalahan diatas, maka tujuan penulisan skripsi, penulis ingin mengetahui perbandingan antara metode pengajaran yang digunakan dalam kitab Nahwu "Imrithy" dan kitab "Mu 'jam Qowaidul Lughoh Al Arobiyah". Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif. Karena penelitian ini literer maka untuk pengumpulan data peneliti menggunakan kajian pustaka dari berbagai macam buku yang sesuai dengan judul skripsi ini. Metode analisis data yang digunakan adalah metode content analysis, karena yang dibandingkan 2 kitab, maka peneliti jua menggunakan metode perbandingan untuk membandingakan antara kedua kitab tersebut dari segi uslub dan pendekatannya. Adapun hasil dari penulisan skripsi ini yaitu adanya perbandingan antara kedua kitab tersebut dari segi uslub dan madkholnya. Dari segi uslub yang digunakan dalam kitab "Imrithy" yaitu penyampaian materinya dimulai dari qowaid yang berbentuk nadhom kemudian penjelasannya secara global kemudian contoh. Dari segi madkhol yang digunakan dalam kitab ini menggunakan madkhol qiyasiyah (pendekatan deduktif). Sedangkan dalam kitab "Mu'jam Qowaidul Lughoh Al Arobiyah", penyampaian materinya berbentuk peta-peta atau diagram. Dalam diagram tersebut sudah tercantum pengertian serta contoh-contoh dan penyampaiannya ringkas dan jelas tidak terlalu rumit, sehingga mudah dipahami. Dari segi madkhol yang digunakan dalam kitab ini adalah madkhol technique (pendekatan tehnik)..
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Arab > Tata Bahasa | ||||||||
Keywords: | Pendekatan pengajaran nahwu; kitab Imrithy; Kitab Mu'jam Qowa'idul Lughoh Al 'Arobiyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2021 23:53 | ||||||||
Last Modified: | 05 Jun 2021 23:53 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/47964 |
Actions (login required)
View Item |