This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sahal, M. Abdulloh (2021) Pengembangan game "MYTHICS.apk" untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
M. Abdulloh Sahal_D74216063.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika, sayangnya tidak mudah untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mengakibatkan turunnya motivasi belajar siswa. Guru dapat mendorong siswa melatih kemampuan berpikir tingkat tingginya melalui enam tahapan, yaitu 1) menggali informasi yang dibutuhkan; 2) mengajukan dugaan; 3) melakukan inkuiri; 4) membuat konjektur; 5) mencari alternatif; 6) menarik kesimpulan. Enam tahapan tersebut sangat mungkin untuk disisipkan dalam konten game berjenis RPG agar lebih menarik dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan dan kepraktisan game “MYTHICS.apk” untuk melatihkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototype dan fase penilaian. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah sebuah game android dengan judul MYTHICS (Mystery of Mathematics). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa field note dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam fase penelitian pendahuluan didapatkan berbagai literatur berupa artikel, buku, jurnal hingga web dan berbagai aplikasi pendukung yaitu RPG Maker, 1
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||||||
Keywords: | Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Luas dan Keliling bangun datar; Game “MYTHIC.spk”, RPG Maker MV. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Sahal M. Abdulloh | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2021 11:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jun 2021 11:51 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48076 |
Actions (login required)
View Item |