This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afiah, Putri Nur (2021) Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas guru di satuan Paud Sejenis (SPS) Puspa Giri II Dahanrejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabya.
Text
Putri Nur Afiah_D99217081.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang peneliti mengambil judul skripsi “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Kreativitas Guru di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Puspa Giri II Dahanrejo Gresik” ini cukup baik, terdapat guru kelas yang sudah memiliki kemampuan kreativitas saat mengajar tetapi ada pula guru kelas yang keterampilan mengajarnya kurang kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran serta kreativitas mengajar guru yang ada di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik. Tujuan dari penelitian ini : 1) untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik, 2) untuk mendeskripsikan kreativitas guru di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik, 3) untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik dalam meningkatkan kreativitas pendidik dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah dan semua guru kelas SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen pembelajaran yang ada di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik sudah baik seperti membuat perencanaan pembelajaran, mengorganisasikan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengawasi pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran, 2) kreativitas guru yang ada di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik sudah baik namun ada beberapa guru kelas yang belum sesuai dengan karakteristik kreativitas guru, 3) manajemen pembelajaran di SPS Puspa Giri II Dahanrejo Gresik sudah baik dalam hal perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran sehingga, berpengaruh baik terhadap kreativitas para guru meskipun ada beberapa guru yang kurang kreatif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru |
||||||||||||
Keywords: | Manajemen Pembelajaran; Kreativitas Guru. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Putri Nur Afiah | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2021 09:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2021 09:50 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48125 |
Actions (login required)
View Item |