Hubungan konsep diri dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa SMPN 5 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lasfita Nur Hidayah, Lely (2016) Hubungan konsep diri dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika siswa SMPN 5 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (856kB) | Preview

Abstract

Pandangan individu yang berbeda-beda tentang pelajaran matematika dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pandangan siswa tersebut merupakan gambaran dari konsep diri siswa terhadap pelajaran matematika. Siswa yang
menganggap matematika mudah akan mengkonsepkan dirinya positif tentang pelajaran matematika, namun jika siswa memiliki konsep diri negatif maka ia
akan mengkonsepkan dirinya tidak mampu menghadapi tantangan-tantangan dalam proses belajar matematika, sehingga timbul dalam dirinya kekhawatiran dan kecemasan dalam menghadapi pembelajaran matematika. Konsep diri dan kecemasan merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga dalam penelitian ini akan dibahas tentang hubungan konsep diri
dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara: 1) konsep
diri dengan hasil belajar matematika, 2) kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika, dan 3) konsep diri dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN
5 Sidoarjo yang terdiri dari 5 kelas dan pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Kelas yang terpilih menjadi sampel berdasarkan
undian adalah kelas VIII-5. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggukan instrumen angket dan instrumen tes, sedangkan teknik analisis
datanya menggunakan uji statistik nonparametrik, yaitu uji korelasi Spearman Rank untuk menganalisis hubungan konsep diri dengan hasil belajar, kecemasan
matematika dengan hasil belajar dan uji korelasi Korkondansi Rank Kendall untuk menganalisis hubugan konsep diri dan kecemasan matematika dengan
hasil belajar matematika.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar matematika, karena diperoleh rs = 0,500 > rtabel= 0,349 dan thitung > t(0,025;30) (3,162 >2,042); 2) terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika dengan diperoehnya rs = 0,434 >rtabel= 0,349 danthitung> t(0,025;30) (16,035 >2,042); 3) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika dengan diperoleh χ_hit^2 = 180,73 >χ_((0,05;31))^2= 43,773.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lasfita Nur Hidayah, Lely--D04211008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Matematika
Psikologi > Kecemasan
Keywords: Konsep Diri; Kecemasan Matematika; Hasil Belajar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: lely Lasfita
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:19
Last Modified: 26 Nov 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4845

Actions (login required)

View Item View Item