PENGEMBANGAN MODEL MISSOURI MATHEMATIC PROJECT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERUANGAN SISWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Fatimatuz (2016) PENGEMBANGAN MODEL MISSOURI MATHEMATIC PROJECT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERUANGAN SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (47MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (47MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika akan meningkat karena pola pikir yang dikembangkan membutuhkan dan melibatkan kemampuan keruangan. Kemampuan keruangan sangat diperlukan dalam kehidupan, agar mampu mengembangkan intuisi spasial mengenai dunia nyata. Dari latar belakang itulah peneliti mengembangkan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan keruangan siswa, dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran, (3) Untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks pembelajaran, (4) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan keruangan siswa setelah mengikuti pembelajaran.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan keruangan siswa yang hasilnya mengacu pada RPP, LKS, dan LTP. Model yang digunakan adalah model pengembangan pembelajaran menurut Plomp yang dibatasi sampai fase ke empat yaitu : (a) fase investigasi awal, (b) fase desain, (c) fase realisasi, (d) fase tes, evaluasi, dan revisi.

Berdasarkan uji hipotesis, data penelitian dianalisis secara deskriptif kemudian diperoleh hasil sebagai berikut: hasil pengembangan memenuhi kriteria “valid” dengan rata-rata total kevalidan RPP 3,28; LKS 3,18; dan LTP 3,44; tes kemampuan keruangan 3,19. Aktivitas siswa telah memenuhi kriteria aktif dan baik dengan kategori “sangat baik”. Keterlaksanaan sintaks pembelajaran diperoleh rata-rata 3,0 yang berarti RPP yang digunakan dalam penelitian ini telah terlaksana dalam kategori “baik”. Hasil kemampuan keruangan siswa dianalisis menggunakan statistik non parametrik (uji-Mann-whitney) dengan angka signifikansi 0,000. Karena angka signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak, dengan kata lain nilai pretest dan postest kemampuan keruangan siswa terdapat perbedaan yang signifikan setelah mengikuti pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Fatimatuzfaza.chilkid@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Missouri Mathematics Project; Pendekatan Kontekstual; Kemampuan Keruangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fatimatuz Zahroh
Date Deposited: 28 Mar 2016 02:53
Last Modified: 28 Mar 2016 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4846

Actions (login required)

View Item View Item