Efektivitas pemanfaatan media whatsapp group dalam pembelajaran daring mata pelajaran tematik tema 8 pada peserta didik kelas 6 di MI Roudlotul Muta'alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur Anis (2021) Efektivitas pemanfaatan media whatsapp group dalam pembelajaran daring mata pelajaran tematik tema 8 pada peserta didik kelas 6 di MI Roudlotul Muta'alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Anis Hidayati_D97217106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah Sekarang ini sedang marak-maraknya Covid-19. Banyak orang yang telah terinfeksi virus ini, hingga menjadi korban dan meninggal dunia. Sulitnya penanganan wabah membuat pemerintah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH), salah satunya dalam bidang pendidikan. Media sosial sebagai jembatan bagi peserta didik kelas 6 di MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik di era pandemi Covid-19 sebagai sarana untuk proses pelaksanaan pembelajaran antara guru dan peserta didik. Adanya media pembelajaran online Whatsapp Group membantu guru dalam menyampaikan materi maupun informasi. Namun, Hal ini juga membuat peserta didik merasa bosan dan kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Pelaksanaan pembelajaran daring melalui media Whatsapp Group pada peserta didik kelas 6 di MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik. (2). Efektivitas pelaksanaan pembelajaran daring melalui media Whatsapp Group pada peserta didik kelas 6 di MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik. (3). kelemahan dan kelebihanmedia Whatsapp Group dalam pembelajaran daring pada peserta didik kelas 6 di MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design, data diperoleh dari hasil tes, wawancara pada guru dan angket peserta didik. Data analisa menggunkan uji t-test (paired sample t- test) menggunakaan SPSS 22 dan rumus statistika manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Pelaksanaan pembelajaran daring melalui media Whatsapp Group terlaksana dengan baik. Hal itu terlihat dari peserta didik terlibat dengan baik dalam proses pembelajaran. Peserta didik hadir tepat waktu, bersikap sopan, menghormati guru dan mentaati aturan yang telah ditetapkan. Peserta didik juga mengerjakan tugas dengan baik dan semangat. Peserta didik dan guru terlibat dalam pembelajaran. Hasil yang diperoleh melalui perhitungan angket pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Whatsapp Group adalah 71, 625% , yang berada pada interval 70% - 90% yang artinya tergolong baik. Jadi, pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Whatsapp Group di kelas 6 MI Roudlotul Muta’alim Kawistowindu Duduk Sampeyan Gresik tergolong baik. (2). Pemanfaatan media Whatsapp Group efektif dalam pembelajaran daring kelas di kelas 6. Hal ini terbukti dari hasil t_hitung = 7, 785 >t_(0,05 ;9) = 2, 262. Maka dapat disimpulkan H_0ditolak dan H_a diterima. Dan berdasarkan tabel output “Paired Samples Test” diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Maka H_0 ditolak dan H_a diterima. (3). Pemanfaatan media Whatsapp Group memiliki kelebihan yaitu: semua orang mampu mengoperasikan fitur yang terdapat dalam Whatsapp, semua peserta didik memiliki aplikasi Whatsapp, Kuota yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, informasi yang akan diberikan cepat sampai, peserta didik bisa mengulang-ulang video pembelajaran, Waktu yang diberikan pada peserta didik lebih banyak, peserta didik bisa belajar dimana pun dan kapanpun. Dan kelemahan pemanfaatan media Whatsapp Group yaitu Guru tidak bisa mengawasi perkembangan peserta didik secara langsung, peserta didik lama-kelamaan merasa jenuh dan bosan karena pembelajaran yang monoton hanya menyimak video, peserta didik tidak bisa bertanya secara langsung jika ada materi pembelajaran yang belum dipahami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nur Anisnuranishidayat@gmail.comD97217106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Thesis advisorBahri, Musthofabahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Whatsapp grup; Pembelajaran daring; Media.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Anis Hidayati
Date Deposited: 18 Jul 2021 10:01
Last Modified: 18 Jul 2021 10:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48633

Actions (login required)

View Item View Item