This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yuliana, Yuliana (2021) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Yuliana_D97217121.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena sebagian besar guru di MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan belum maksimal dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebelum proses kegiatan belajar mengajar dilakukan. Selain itu sebagian guru tidak membuat rencana pelaksanaan sendiri tapi hanya menyalin dari kelompok kerja guru. Adapun permasalahan terkait rencana pelaksanaan pembelajaran yakni pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat guru. Tujuan penelitian yang ingin peneliti capai dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kinerja guru di MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan. 2) Untuk mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan. 4) Untuk mengetahui strategi yang diterapkan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif sebab masalah yang peneliti ajukan menjadi berkembang dan lebih mendalam setelah peneliti melaksanakan penelitian tersebut di lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kinerja guru di MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan ialah guru merencanakan progam belajar mengajar dengan membuat RPP, menyiapkan fasilitas untuk unjuk kerja siswa, serta menyiapkan bahan ajar. Guru melaksanakan dan mengelola proses belajar mengajar di antaranya menyampaikan materi sesuai kurikulum, penggunaan metode dan media pembelajaran, memberikan dorongan kepada siswa agar aktif di kelas, bersikap terbuka, memberikan tugas dan menilai berdasarkan kemampuan siswa. Guru mempelajari materi dan berbagai informasi untuk memperluas pengetahuan. 2) Peran kepala MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan yaitu kepala madrasah melibatkan para guru dalam pengambilan keputusan, memotivasi semangat kerja guru, melakukan komunikasi secara nyata dengan guru terkait pekerjaan atau bukan pekerjaan. Bersikap luwes, terbuka dan demokratis dengan menjaga hubungan baik dan terbuka atas dana BOS, menegaskan untuk patuh terhadap aturan dengan bermusyawarah mengenai pembuatan peraturan madrasah, sehingga dapat mematuhi peraturan tanpa ada unsur paksaan, mengadakan dialog yang berkesinambungan melalui rapat rutinan, memantau kemajuan belajar siswa melalui data nilai PTS maupun PAS, menunjukkan sikap teladan, dan memberikan ruang untuk pemberdayaan guru dengan pembuatan media pembelajaran. 3) Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru ialah guru memiliki motivasi yang tinggi, respon guru yang baik mengenai pelaksanaan inovasi, lingkungan kerja yang nyaman, antusias guru dalam berbagai kegiatan madrasah serta guru mampu bekerjasama dengan baik. Adapun faktor penghambat yang dihadapi kepala madrasah ialah fasilitas madrasah yang kurang memadai, pemanfaatan media pembelajaran kurang maksimal, akses jalan menuju madrasah kurang baik, serta kurang tersedianya dana pendamping. 4) Strategi yang diterapkan kepala MI Roudlotul Ulum Gempol Gedangan Sukodadi Lamongan khususnya berhubungan dengan konsep pemberian motivasi kepada para guru untuk lebih giat atas pekerjaannya, juga mengadakan pelatihan, melibatkan guru dalam setiap kegiatan, membangun kerjasama yang harmonis, berusaha untuk selalu memenuhi kebutuhan guru atas pekerjaannya, serta menyusun program Gerakan Ayo Membangun Madrasah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kepala Sekolah Kepemimpinan |
||||||||||||
Keywords: | Peran Kepala Madrasah; Kinerja Guru. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | yuliana yuliana | ||||||||||||
Date Deposited: | 20 Jul 2021 13:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2021 13:15 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48667 |
Actions (login required)
View Item |