This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Kartika Sari (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SMP KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (812kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (652kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa dalam pembelajaran matematika masih banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika, dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam memahami konten mata pelajaran dan kemampuan untuk mengkomunikasikan ide/gagasan yang merupakan hal paling mendasar dalam tujuan pembelajaran. Di lain pihak untuk menghindari pembelajaran yang konvensional, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sehingga siswa tidak hanya menguasai sejumlah materi pelajaran, tetapi juga dapat mengembangkan gagasan dan ide-ide berdasar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Alternatif model pembelajaran yang tepat dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), yang dapat membantu siswa mengaitkan konten pelajaran dengan konteks kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dari pengembangan perangkat pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model ADDIE terdiri dari lima tahap. Kelima tahap tersebut adalah tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP dan LKS, dinilai berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Uji coba dilakukan pada 34 siswa kelas VII-A SMP Barunawati Surabaya. Data dikumpulkan melalui empat cara, yaitu metode kuesioner (angket), observasi, tes, dan data validasi ahli. Metode kuesioner untuk mengetahui respon siswa. Metode observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan aktivitas guru. Metode tes untuk mengetahui penilaian hasil belajar siswa. Data validasi ahli untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran dari para ahli. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori valid (3,94), kevalidan LKS berkategori valid (3,97), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dan aktivitas guru dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal dengan toleransi 5%), respon siswa memenuhi kriteria efektif (75% atau lebih siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara klasikal (82,35%).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Problem Based Learning; PBL | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | kartikasari putri | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2016 08:48 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2016 06:13 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4899 |
Actions (login required)
View Item |