This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Masfufah, Masfufah (2021) Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Masfufah_D91217055.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan. Ada tiga permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Bagaimana pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan?, 3) Bagaimana Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan?. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di MTs N 1 Lamongantahun pelajaran 2020/2021. Jumlah populasinya adalah 524 siswa dengan menggunakan simple random sampling sebesar 10% yaitu sebanyak 84 siswa atau responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji hipotesis spearman. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri peserta didik kelas VIII MTs N 1 Lamongan terbagi menjadi tiga kategori yaitu 15 peserta didik dengan kategori rendah (17,86%), 50 peserta didik dengan kategori sedang (59,52%), dan 19 peserta didik dengan kategori tinggi (22,62%). 2) hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs N 1 Lamongan terdiri dari tiga kategori yaitu 16 peserta didik dengan kategori rendah (19,05%), 48 peserta didik dengan kategori sedang (57,14%), dan 20 peserta didik dengan kategori tinggi (23,81%). 3) Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII sangat lemah dan tidak signifikan. Berdasarkan nilai koefisien korelasi diketahui nilai r hitung untuk pengaruh X dan Y sebesar 0,132 < r tabel 0,1807 sehingga menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X dan variable Y (r tabel n-82 sig 5% sebesar 0,1807).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Efektifitas; Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM); Hasil Belajar. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Masfufah Masfufah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2021 20:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2021 20:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49334 |
Actions (login required)
View Item |