Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masfufah, Masfufah (2021) Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masfufah_D91217055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan. Ada tiga permasalahan yang dikaji oleh peneliti: 1) Bagaimana pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan?, 3) Bagaimana Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan?. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII di MTs N 1 Lamongantahun pelajaran 2020/2021. Jumlah populasinya adalah 524 siswa dengan menggunakan simple random sampling sebesar 10% yaitu sebanyak 84 siswa atau responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji hipotesis spearman. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri peserta didik kelas VIII MTs N 1 Lamongan terbagi menjadi tiga kategori yaitu 15 peserta didik dengan kategori rendah (17,86%), 50 peserta didik dengan kategori sedang (59,52%), dan 19 peserta didik dengan kategori tinggi (22,62%). 2) hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs N 1 Lamongan terdiri dari tiga kategori yaitu 16 peserta didik dengan kategori rendah (19,05%), 48 peserta didik dengan kategori sedang (57,14%), dan 20 peserta didik dengan kategori tinggi (23,81%). 3) Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII sangat lemah dan tidak signifikan. Berdasarkan nilai koefisien korelasi diketahui nilai r hitung untuk pengaruh X dan Y sebesar 0,132 < r tabel 0,1807 sehingga menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X dan variable Y (r tabel n-82 sig 5% sebesar 0,1807).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masfufah, Masfufahmasfufah0799@gmail.comD91217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Thesis advisorMuttaqin, Alimuttaqinali@gmail.com2011036901
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Efektifitas; Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM); Hasil Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Masfufah Masfufah
Date Deposited: 09 Aug 2021 20:44
Last Modified: 09 Aug 2021 20:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49334

Actions (login required)

View Item View Item